Find Us On Social Media :

Review HPE Aruba InstantOn AP11D: Perluas Jaringan dengan Mudah

By Wisnu Nugroho, Selasa, 9 Juni 2020 | 14:41 WIB

Review Aruba AP11D, access point dengan kemudahan instalasi

 

Di era digitalisasi seperti saat ini, kebutuhan akan internet sudah tidak bisa ditawar lagi. Kebutuhan bahkan sudah bergeser bukan sekadar “ada internet atau tidak”, namun ke arah koneksi internet yang stabil dan aman.

Kebutuhan inilah yang coba dijawab HPE Aruba melalui perangkat access point InstantOn. Melalui InstantOn ini, HPE Aruba ingin menghadirkan access point yang andal, mudah dipasang, dan juga mudah dikelola.

Perangkat Aruba InstantOn ini terdiri dari beberapa tipe, baik versi indoor maupun outdoor. Kami sendiri berkesempatan menguji HPE Aruba InstantOn AP11D, access point yang ditujukan untuk segmen rumahan dan kantor kecil. 

InstanOn versi AP11D ini adalah versi in-Rooms atau paling portabel dari rangkaian wireless access point HPE Aruba InstantOn. Hal ini tercermin dari tersedianya dudukan yang membuat AP11D ini bisa dipasang di meja kerja atau bidang datar lainnya. Namun HPE Aruba juga menyediakan mounting khusus untuk AP11D ini sehingga access point ini bisa dipasang di tembok rumah atau kantor.

Seperti tercermin dari namanya, HPE Aruba InstantOn AP11D ini mengedepankan kemudahan instalasi sebagai fitur utamanya. Untuk melakukan instalasi, praktis hanya tiga langkah yang harus Anda lakukan. 

Yang pertama adalah menghubungkan AP11D ini dengan switch atau access point lain yang mendukung PoE (Power over Ethernet). Langkah kedua, unduh aplikasi  Aruba InstantOn yang tersedia di Apple App Store atau Google Play Store. Langkah ketiga adalah melakukan pairing antara InstantOn AP11D dengan smartphone menggunakan koneksi Bluetooth.

Aplikasi Aruba InstanOn akan menuntun Anda step by step saat instalasi InstantOn AP11D ini

Ketika kami coba, ketiga proses itu bisa dilakukan dalam waktu kurang dari lima menit. Proses terbilang mudah karena Anda akan dituntun secara step by step oleh aplikasi Aruba InstantOn. 

Tahapan paling lama adalah di tahap 3, ketika kami harus menunggu sekitar 2 menit sampai access point siap melakukan proses pairing (yang ditandai dengan kilatan lampu amber dan hijau). Namun boleh dibilang, proses instalasi berlangsung dengan cepat dan mudah seperti yang dijanjikan.