Find Us On Social Media :

Intel Luncurkan Lakefield, Prosesor Hibrida untuk Form Factor Baru

By Cakrawala, Kamis, 11 Juni 2020 | 19:45 WIB

Intel meluncurkan secara resmi prosesor barunya yang memiliki codename Lakefield. Prosesor dengan nama resmi Intel Core processors with Intel Hybrid Technology ini, menggunakan teknologi hibrida dan Intel Foveros.

Intel kemarin telah meluncurkan secara resmi prosesor barunya yang memiliki codename Lakefield di dunia. Intel Lakefield ini memadukan core CPU (central processing unit) dengan dua arsitektur berbeda alias hibrida, serta memanfaatkan teknologi pengemasan 3D yang disebut dengan Intel Foveros. Alhasil, prosesor yang menyerupai SoC (system on chip) dan memiliki nama resmi Intel Core processors with Intel Hybrid Technology itu, merupakan prosesor Intel terkecil yang menawarkan kinerja Intel Core. Hal tersebut membuat Intel Lakefield cocok untuk perangkat ultraringan dan perangkat dengan form factor baru seperti perangkat dengan layar yang bisa dilipat maupun perangkat dengan layar ganda. Intel Lakefield pun merupakan prosesor Intel pertama dengan kombinasi teknologi tersebut.

"Prosesor baru ini adalah salah satu investasi Intel pada teknologi mendasar dari pengemasan Foveros dan arsitektur CPU hibrida dengan suatu pandangan ke masa depan. Beberapa tahun lalu kami memulai perjalanan kami dengan mitra OEM kami berbagi sebuah visi mengenai PC masa depan. Dengan hal ini dalam pikiran, kami kembali ke aneka building block kunci untuk benar-benar mencapai hal tersebut di masa depan," ujar Ram Naik (Product Director, Intel Client Computing Group) melalui telekonferensi video ketika menjelaskan Intel Lakefield. "Untuk mencapai kondisi masa depan ini, kami menetapkan sasaran kami, untuk jangka pendek, adalah membangun suatu SoC untuk sebuah compute kelas baru yang dibutuhkan untuk suatu kategori baru dari perangkat," jelas Ram Naik lebih lanjut mengenai Intel Core processors with Intel Hybrid Technology.

Ukuran yang ringkas tentunya diperlukan karena Intel Lakefield menyasar PC yang tidak mesti memiliki banyak ruang untuk berbagai komponennya. Intel menyebutkan Lakefield ditujukan untuk perangkat dengan layar berukuran 8 inci ke atas. Dengan Intel Foveros, Intel Core processors with Intel Hybrid Technology memiliki dimensi sebesar 12 x 12 x 1 mm. Hal itu bisa dicapai karena Intel Foveros menumpuk berbagai cip pembentuk Intel Core processors with Intel Hybrid Technology. Dengan kata lain, Intel Foveros menyusun berbagai komponen bersangkutan ke atas dan bukannya ke samping sehingga bisa mengurangi luas yang diperlukan. Selain itu, Intel Foveros juga memungkinkan Intel Lakefield untuk menyertakan memori utama LPDDR4X-4267.

Sementara, penggunaan core CPU dengan dua arsitektur berbeda pada Intel Lakefield ditujukan untuk menghadirkan kinerja komputasi kelas laptop dan kompatibilitas penuh terhadap Windows, tetapi menawarkan pula konsumsi daya yang rendah pada kondisi tertentu. Dengan teknologi hibrida itu, Intel Core processors with Intel Hybrid Technology mengandung satu core Sunny Cove dan empat core Tremont. Intel Sunny Cove menawarkan instructions per cycle yang lebih tinggi dari Intel Tremont, tetapi juga membutuhkan daya lebih besar.

Intel Foveros memungkinkan Intel Lakefield alias Intel Core processors with Intel Hybrid Technology untuk memiliki kemasan dengan luas lebih kecil karena cip pembentuknya ditumpuk.