Find Us On Social Media :

Strategi Epson Genjot Penjualan di Indonesia Saat New Normal

By Adam Rizal, Selasa, 16 Juni 2020 | 16:30 WIB

Epson Luncurkan Printer Canggih Epson SureColor untuk Enterprise

Saat ini Indonesia sedang mengalami situasi yang sulit akibat wabah corona. Ketika banyak perusahaan berjuang menghidupi bisnisnya akibat pandemi Covid-19 disitu lah teknologi memiliki peran penting untuk membantu menjaga agar para staf perusahaan tetap aman dan sehat, sekaligus memastikan mereka tetap efisien dan produktif.

Pandemi Covid-19 menyerang segala lini bisnis, termasuk ke sektor elektronik. Dunia pendidikan yang menjadi satu di antara pasar PT Epson Indonesia juga terpengaruh Covid-19 dan membuat penjualannya terpengaruh.

Untuk mengurangi dampak Covid-19 terhadap lini bisnisnya, Epson Indonesia menyiapkan strategi digital.

Marketing Communication and PR Manager Epson Indonesia, Nolly Dhanurendra mengatakan bahwa Epson gencar melakukan promosi melalui market place, website resmi dan akun sosial media mereka.

"Kalau coba masuk ke website kita sekarang, kita juga lagi jalanin promo untuk pembelian proyektor hadiahnya voucher atau hadiah lainnya. Jadi memang kita cukup intens untuk melakukan promosi selain program-program untuk end user kita juga menjalankan beberapa kegiatan seperti gathering, virtual meeting," tutur Nolly saat konferensi pers secara virtual.

Baca Juga: Alasan Proyektor Epson Mampu Gantikan Peran TV di Masa Depan

Gathering virtual yang dilakukan Epson mengundang berbagai elemen untuk membahas segala hal yang dapat dilakukan oleh produk Epson.

"Beberapa kali kita juga melakukan gathering dengan para praktisi di dunia pendidikan. Jadi sebetulnya memang cukup intens bisa dibilang apa yang dilakukan Epson di tengah pandemi ini," ungkap Nolly.

Selain itu, promo bundling juga disajikan Epson Indonesia untuk menarik konsumen.

"Kita ada beberapa promosi seperti blunding dengan dengan zoom. Kita juga ada tambahan pemberian voucher seperti Gopay OVO dan lain sebagainya," terang Marketing Division Head Epson Indonesia, Riswin Li.

Adapun benefit untuk partner, Epson akan memberikan program sales tambahan khusus selama program ini “Kami cukup fleksibel, dinamis tergantung kondisi dan keadaan, karena di awal tahun kita (Apr-Jun) ada Covid-19, makanya banyak kegiatan di online, tapi untuk kedepannya kita akan menyesuaikan,” kata Nolly.

“Dengan adanya wabah ini sudah pasti akan berdampak pada bisnis Epson Indonesia. Untuk itu mari kita bantu pemerintah untuk hidup bersih dan melakukan social distancing guna memutus mata rantai penyeberan virus dan kita bisa kembali beraktifitas secara normal,” tutupnya.

Baca Juga: EPSON SureColor F530, Printer yang Bisa Cetak di Pakaian Hingga Mug

Online Meningkat

Tidak lupa, Hidemasa Ishii, Managing Director Epson Indonesia, yang juga hadir dalam acara tersebut mengucapkan terima kasih atas dukungan teman-teman media, hingga saat ini Epson masih menjadi pemimpin (no.1) untuk printer dan proyektor.

“Data GFK, Maret – April 2020, penjualan kami mulai mengalami penurunan, rinciannya dari 85 ribu turun menjadi sekitar 50 ribu. Sementara penjualan online meningkat, yakni sebanyak 23%. Kondisi ini belum pernah terjadi sebelumnya. Kontribusi online meningkat signifikan, tapi kenaikan dari online belum bisa menutup overall drop yang kami hadapi di market offline,” kata Ishii-san yang diperkuat oleh Riswin Li, Head of Marketing Epson Indonesia.

Riswin kembali menjelaskan, meski di tengah kondisi pandemi Epson tumbuh sekitar 111% di April – Maret, proyektor mulai berkembang dan printer untuk industri besar menyumbang 7%.

Tren yang ada, kata Riswin, meningkatnya penjualan online dan promosi online terkait WFH. Riswin kembali menjelaskan, meski di tengah kondisi pandemi Epson tumbuh sekitar 111% di April – Maret, proyektor mulai berkembang dan printer untuk industri besar menyumbang 7%.

Tren yang ada, kata Riswin, meningkatnya penjualan online dan promosi online terkait WFH. Ke depannya nanti kita aku coba memaksimalkan untuk kebutuhan home service bagi pelanggan setia Epson.

Online roadshow baru akan berjalan pekan depan dan ini kegiatan pertama Epson untuk online roadshow Untuk online roadshow bulan Juni (khusus printer) diikuti oleh 11 partner Epson dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: WhatsApp Pay Meluncur, Kirim dan Terima Uang Semudah Berbagi Foto