Find Us On Social Media :

Tiga Tips Membaca yang Baik di Smartphone Agar Mata Tetap Sehat

By Rafki Fachrizal, Jumat, 19 Juni 2020 | 18:45 WIB

Ilustrasi Membaca di Smartphone

Di era digital seperti saat ini, kebanyakan orang mulai beralih ke konten internet untuk mendapatkan bahan bacaan.

Novel, cerpen, buku cerita, dongeng, fiksi atau buku ilmu pengetahuan kini juga banyak yang tersedia dalam bentuk digital atau e-book.

Kemudahan membaca ini semakin ditunjang dengan perangkat smartphone dan aplikasi reader yang mendukung aktivitas membaca di sembarang tempat.

Meski kegiatan membaca menjadi lebih praktis karena bentuknya yang digital, pengguna smartphone juga perlu untuk memperhatikan kesehatan mata.

Baca Juga: Microsoft Teams Kini Terintegrasi Skype, Mudahkan Komunikasi Antar Pengguna

Terkait hal tersebut, vendor smartphone OPPO membeberkan tiga tips membaca yang baik dan benar di smartphone agar mata tetap sehat. Berikut ketiga tips tersebut.

1. Durasi Membaca

Membaca di smartphone sebaiknya tidak lebih dari satu jam. Jika ingin lebih, maka sebaiknya Anda perlu mengistirahatkan mata minimal 15 menit sebelum membaca kembali.

Saat istirahat, alihkan pandangan mata untuk melihat benda-benda berwarna hijau dan warna-warna alam semisal biru langit.

Pengalihan ini membantu lapisan dalam bola mata yang bertugas menangkap warna dan cahaya hingga terbentuk zona Rhodopsin (salah satu senyawa vitamin A).

Rhodopsin yang berupa pigmen ini berada di sel fotoreseptor dari organ retina yang bertanggung jawab terhadap persepsi cahaya.

2. Perhatikan Posisi

Posisi yang baik ketika menggunakan smartphone adalah dengan tubuh dan kepala yang tegak, sementara mata mengarah ke objek baca pada jarak ideal sekitar 25-30 cm.