Find Us On Social Media :

Apple Kembali Tolak Keinginan Game Facebook Hadir di App Store

By Adam Rizal, Selasa, 23 Juni 2020 | 09:30 WIB

Game Facebook

Perusahaan teknologi AS, Apple Inc menolak aplikasi baru buatan Facebook yaitu Facebook Gaming untuk masuk ke toko aplikasi resmi mereka, App Store.

Sebelumnya, perusahaan yang digawangi Mark Zuckerberg ini telah mengajukan permintaan kepada Apple pada Mei 2020 lalu.

Usaha Facebook masuk ke platform disebut telah ditolak Apple sebanyak lima kali. Banyak kalangan menilai Tim Cook dan tim tidak ingin Apple Arcade tersaingi. Apple Arcade merupakan layanan video gim berlangganan buatan Apple.

Sumber The New York Times yang mengetahui perihal ini menyebut aturan App Store memang tidak mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk beredar di platform mereka.

Pada bisnis gaming, Facebook mesti berjibaku dengan Twitch dan Youtube. Sebab keduanya juga menyediakan layanan live streaming untuk para pecinta game.

Twitch sendiri merupakan platform live streaming video milik Twitch Interactive, anak perusahaan Amazon. Perusahaan diakuisisi Amazon tahun 2014 silam.

Kendati demikian pihak Facebook tidak terkejut dengan keputusan Apple yang menolak aplikasi video game mereka.

Bahkan, Badan Eksekutif Uni Eropa sampai menyelediki dugaan antimonopoli yang dialamatkan kepada Apple.

Baca Juga: Apple Resmi Umumkan iOS 14 dengan Fitur-fitur Canggih, Ini Daftarnya

Menurut Wakil Presiden Uni Eropa, Margrethe Vestager, penyelidikan tersebut dilakukan untuk menentukan apakah persyaratan yang diterapkan perusahaan pada pengembang aplikasi pihak tiga melanggar aturan persaingan atau tidak.

"Kita perlu memastikan bahwa aturan Apple tidak mendistorsi persaingan di pasar tempat Apple bersaing dengan pengembang aplikasi lain," kata Vestager.

Facebook Gaming bukan satu-satunya aplikasi yang ditolak Apple, beberapa waktu lalu layanan perpesanan email yakni 'Hey' juga dilarang Apple.