Find Us On Social Media :

Apa Itu Project Athena dari Intel yang Melibatkan para Mitranya?

By Cakrawala, Senin, 29 Juni 2020 | 16:00 WIB

Visual identifier dari Project Athena yang digagas Intel dan diumumkan resmi pada Computex Taipei 2019 lalu.

Pada Computex Taipei 2019 lalu, bersama Ice Lake yang memiliki nama resmi Core Generasi ke-10, Intel memperkenalkan secara resmi Project Athena. Apa itu Project Athena? Project Athena adalah codename dari program inovasi notebook dan 2 in 1 Intel. Project Athena disebut Intel sebagai progam inovasi yang mendefinisikan dan ditujukan untuk membantu membawa ke pasar sebuah kelas baru dari notebook dan 2 in 1 tingkat lanjut yang dibangun khusus untuk membantu orang fokus, beradapatasi terhadap peran yang berbeda, dan selalu siap (digunakan). Project Athena merupakan kegiatan multitahun dan melibatkan para mitra Intel. Pada Computex Taipei 2019, Intel mengumumkan spesifikasi target awal Project Athena, yakni 1.0 Target Specification for Project Athena.

Spesifikasi tersebut ditujukan sebagai dasar dari inovasi yang diharapkan dari Project Athena untuk beberapa tahun ke depan. Ada enam area utama dari 1.0 Target Specification for Project Athena, yakni instant action, performa dan responsivitas, kecerdasan, daya tahan baterai, konektivitas, dan form factor. Intel pun menghadirkan KEI (key experience indicator) yang bertujuan untuk menjadi “alat ukur” berdasarkan sudut pandang pengguna yang akan mempengaruhi pengalaman pengguna yang sebenarnya di dunia nyata. Target dari KEI itu akan diperbarui setiap tahun.

Target KEI awal yang dihadirkan Intel untuk Project Athena mencakup responsivitas yang konsisten tatkala menggunakan baterai; daya tahan baterai yang 16 jam atau lebih ketika memainkan video secara lokal dan 9 jam atau lebih pada kondisi penggunaan seperti di dunia nyata; serta instant resume, termasuk bangun dari tidur kurang dari 1 detik. Notebook dan 2 in 1 yang diverifikasi Intel harus memenuhi aneka target KEI tersebut.

Dengan kata lain, Project Athena memastikan perangkat mitra yang terverifikasi Intel akan memberikan pengalaman penggunaan di dunia nyata (real-world experience) yang memenuhi kriteria tertentu. Aneka kriteria yang ditetapkan pun dipercaya Intel menghadirkan pengalaman yang lebih baik lagi pada berbagai penggunaan yang umum dilakukan oleh para penguna notebook maupun 2 in 1 masa kini.

1.0 Target Specification for Project Athena dari Intel.

Salah satu perangkat yang sudah terverifikasi Project Athena dan telah tersedia di Indonesia pada tahun 2020 ini adalah ASUS ExpertBook B9450. Perangkat tersebut antara lain dilengkapi dengan prosesor Intel Core Generasi ke-10, intelligent personal assistant, dan daya tahan baterai yang lama.