Find Us On Social Media :

Menyiasati Percepatan Transformasi di Tengah Situasi Pandemi

By Liana Threestayanti, Senin, 29 Juni 2020 | 15:45 WIB

Pandemi memang bukan situasi yang kondusif bagi banyak pihak. Namun situasi ini justru bisa mengubah tantangan jadi peluang.

Pandemi memang bukan situasi yang kondusif bagi banyak pihak. Namun bagi yang jeli, situasi ini justru bisa mengubah tantangan jadi peluang, termasuk peluang mengakselerasi transformasi digital.

Sebuah meme yang cukup menggelitik bagi jajaran C-level sempat beredar di dunia maya baru-baru ini. “Siapakah yang memimpin transformasi digital di perusahaan Anda? Ada tiga pilihan: 1. CEO 2. CTO 3. Covid-19. Yang mana yang Anda pilih?”

Wabah COVID-19 tak pelak adalah sebuah tragedi, yang bahkan diprediksi akan berdampak panjang terhadap perekonomian global. Namun di sisi lain, pandemi ini juga secara gamblang memperlihatkan nilai-nilai lebih dari sebuah bisnis yang beroperasi secara digital. Nilai-nilai yang dalam situasi normal agak sulit dibuktikan tim TI di hadapan jajaran top management perusahaan.

Tak hanya pembuktian, pandemi COVID-19 pun pada gilirannya  mendorong banyak perusahaan untuk mengakselerasi transformasi dan inovasi digital. Hal ini menjadi salah satu topik yang didiskusikan para pemimpin TI dari berbagai industri yang berkumpul di ajang InfoKomputer CIO Forum 2020 baru-baru ini.

Bagi Iwan Djuniardi, Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, Direktorat Jendral Pajak, COVID-19 ibarat sebuah “anugerah” karena dengan adanya peristiwa ini, Ditjen Pajak dapat mempercepat proses digitalisasi. ”Bagaimanan transformasi yang tadinya sudah kami canangkan untuk lima sampai enam tahun, kami bisa percepat jadi dua sampai tiga tahun. Dan ada beberapa program yang harusnya (dimulai) tahun depan, kami sekarang,” paparnya.

Agustina TP Siahaan, IT Head, SOHO Global Health, juga melihat adanya akselerasi transformasi digital karena adanya perubahan mindset di benak para pemimpin perusahaan. “Yang tadinya dianggap ‘nice to have’, masih dianggap complementary, atau belum terlalu penting, sekarang ini harus jadi mandatory, terutama dalam hal bagaimana agar business key initiatives harus tetap jalan,” ujar Agustina. Menurutnya COVID-19 adalah “blessing in disguise” bagi tim TI maupun bisnis agar bisa berlari lebih cepat dari sebelumnya.

Belajar dari Microsoft dan DANA

Berbicara tentang akselerasi transformasi digital, tak ada salahnya jika kita berkaca pada pengalaman Microsoft, sebuah perusahaan teknologi yang usianya hampir mencapai lima dekade. Disrupsi digital membawa Microsoft pada transformasi digital yang sepenuhnya mengubah “wajah” perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini.

Kalau dulu Microsoft ingin hadir di tiap komputer PC, tiap meja kerja, dan tiap rumah. Kini Microsoft membawa visi baru: to empower every person and every organization in the planet to achieve more. Model bisnisnya pun kini sudah beralih ke model berlangganan dan konsumsi.

“Digital transformation is indeed a journey. Mungkin journey-nya akan berbeda-beda untuk tiap industri. Namun kalau dari pengalaman Microsoft, untuk ‘unlock our potential, unlock our value, ada empat hal yang perlu diperhatikan, yaitu visi, budaya, potensi unik, dan kapabilitas perusahaan,” jelas Vony Tjiu, Small Medium and Corporate Lead, Microsoft Indonesia.

Cara perusahaan digital native beroperasi pun dapat menjadi inspirasi dalam mengakselerasi transformasi digital. Sebagai perusahaan yang lahir di era digital, perusahaan-perusahaan, seperti DANA, umumnya sudah terbiasa perubahan-perubahan cepat yang terjadi di pasar.  

“Pelajaran kami di dunia digital adalah hampir tidak pernah terjadi ide awal menjadi produk jadinya. Karena sepanjang perjalanan (produk itu) ada hal baru, dihadapkan pada realita dan data yang kita dapat dari market. Akhirnya kita bisa learned bahwa hipotesis awal yang kita punya itu bukan berarti hal yang mungkin benar dan mutlak,” terang Norman Sasono (Chief Technology Officer, DANA). Menurutnya, proses iterasi dalam pengembangan produk menjadi hal yang penting di lingkungan bisnis digital.