Find Us On Social Media :

Review ASUS TUF Gaming A15 FX506: Ryzen Seri 4000 dan GeForce RTX

By Dayu Akbar, Selasa, 28 Juli 2020 | 18:30 WIB

ASUS TUF Gaming A15 FX506

ASUS memiliki dua lini laptop untuk bermain gim alias gaming yang terdiri dari seri TUF (The Ultimate Force) dan ROG (Republic Of Gamers). Seri TUF merupakan laptop untuk bermain gim yang lebih terjangkau, sedangkan seri ROG merupakan lini laptop untuk bermain gim kelas premium.

Namun, sebagai laptop yang berada di bawah ROG, lama-lama seri TUF memiliki fitur dan performa yang makin mendekati seri ROG. Ini sedikit terlihat pada seri terbaru yaitu ASUS TUF Gaming A15 FX506. Salah satunya bisa dilihat dari penggunaan prosesor terbaru AMD yaitu Ryzen Mobile seri 4000 dan cip grafis tambahan NVIDIA GeForce seri RTX.

Dimensinya lebih ringkas dibanding generasi sebelumnya, FX505, dan kali ini sudah mendapatkan sertifikasi ala standar militer MIL-STD-810H yang membuatnya lebih “tahan banting”.

Sebenarnya seri TUF Gaming A15 hadir dalam lima varian yang dibedakan berdasarkan prosesor serta cip grafis tambahan. Varian yang kami uji kali ini menggunakan AMD Ryzen 7 4800H dan GeForce RTX 2060 yang merupakan varian kedua paling tinggi dari seri TUF Gaming A15. Dua kombinasi tangguh itu ditemani dengan memori utama DDR4 berkapasitas 8 GB. Menurut kami hal ini agak sedikit tanggung karena meomori utama atau RAM-nya masih kanal tunggal. Padahal, performa AMD Ryzen akan lebih terangkat jika menggunakan mode kanal ganda. Namun, ASUS sepertinya memang “memancing” pengguna untuk meningkatkan memori utama dengan masih tersedianya satu slot kosong.

Hadir dalam dua pilihan warna yaitu Fortress Gray dan Bonfire Black, laptop yang kami uji memiliki warna Fortress Gray. Warna tersebut merupakan desain dengan pelat metal di bagian belakang layar yang dihadirkan secara khusus sehingga memiliki tekstur yang lekat dengan warna abu-abu.

Porta banyak ditempatkan pada sisi kiri agar tidak mengganggu kenyamanan sisi kanan saat menggunakan mouse.