Find Us On Social Media :

Inovasi Tiada Henti: Sejarah Samsung S Pen

By Administrator, Minggu, 9 Agustus 2020 | 16:30 WIB

Samsung Galaxy Note 20

Bentuknya memang kecil, namun S Pen sebenarnya menyimpan inovasi teknologi yang mengagumkan. Inilah sedikit sejarah inovasi S Pen.

S Pen boleh dibilang bagian penting dari sejarah perkembangan smartphone. Sejak diselipkan di Samsung Galaxy Note sejak tahun 2011, S Pen terus mendefinisikan fungsi stylus di sebuah smartphone. Mulai dari menggoreskan catatan, mengambil foto dari jarak jauh, sampai berbagi dokumen, S Pen membuat aktivitas pengguna Galaxy Note semakin mudah dan menyenangkan.

Berikut adalah sejarah perkembangan dan inovasi S Pen sejak diperkenalkan tahun 2011 sampai saat ini, ketika Samsung Indonesia (https://www.samsung.com/id) secara resmi merilis Galaxy Note20 Series. Jika dihitung, ini adalah S Pen generasi ke-10, sekaligus melambangkan inovasi tiada henti Samsung dalam mengembangkan S Pen.

2011-2012: Galaxy Note dan Note2

Pada tahun 2011, Samsung melakukan terobosan dengan merilis phablet, sebuah kategori baru di industri smartphone. Melalui Galaxy Note dan Note2, Samsung menggabungkan karakter smartphone dan tablet PC ke dalam sebuah perangkat.

Peluncuran Galaxy Note generasi pertama ini sekaligus menandai kemunculan S Pen, sebuah stylus yang menambah fungsi dari Galaxy Note. S Pen generasi pertama ini memiliki kemampuan fungsi sebagai pena, pensil, dan highlighter. S Pen ini juga memperkenalkan pendekatan shortcut berbasis stylus, ketika double-tap layar sambil menekan tombol S Pen secara otomatis akan membuka aplikasi S Memo.

Setahun sesudahnya, Samsung merilis penerus Galaxy Note2. Perubahan pun terjadi di S Pen, seperti dari sisi desain yang datar di satu sisi untuk memudahkan pengguna dalam menggenggam S Pen ini.

Perubahan juga terjadi di sisi teknologi. Jika S Pen versi sebelumnya hanya memiliki sensitivitas 256 level, di S Pen generasi kedua ini menjadi 1024 level (atau meningkat 4X lipat). Perubahan ini membuat pengalaman menggunakan “kertas digital” yang lebih natural.

2013-2015: Galaxy Note3, Note4, dan Note5

Pada Samsung Galaxy Note3, kemampuan S Pen semakin meningkat. Contohnya Air Command yang membuat pengguna bisa mengakses menu penting di smartphone cukup dengan mengeluarkan S Pen dari tempatnya atau mengklik tombol di S Pen. Fitur Air Command ini membuat aktivitas seperti menelepon, mengirim email, atau menulis catatan, menjadi jauh lebih mudah.