Find Us On Social Media :

Faktor ini Bikin Layanan GoSend Melonjak 90 Persen Selama Corona

By Adam Rizal, Kamis, 27 Agustus 2020 | 15:30 WIB

Ilustrasi Layanan GoSend Intercity Delivery

Pandemi corona di Indonesia meningkatkan layanan logistik di Indonesia termasuk layanan GoSend.

Head of Logistics Gojek Group, Junaidi, mengatakan layanan logistik GoSend mengalami kenaikan sampai 90 persen selama pandemi.

"GoSend ini salah satu layanan pertama kali yang ada, selain GoRide, ketika Gojek diluncurkan sembilan tahun lalu. Selama perjalanannya GoSend mengalami kenaikan terus," kata Junaedi dalam konferensi pers virtual perluncuran GoSend Web Portal dan perluasan GoSend Intercity Delivery.

"Dan, khusus di dalam masa pandemi ini jujur kenaikannya jauh signifikan, kita mengalami kenaikan 90 persen," ujarnya.

Kenaikan layanan logistik GoSend itu terjadi selama Maret - Juli. Peningkatan itu didorong oleh perubahan konsumsi di masa pandemi.

"Dari sebelumnya orang ke mall atau ke pasar, konsumsinya berubah menjadi konsumsi yang sifatnya kebutuhan primer, bahan makanan, makanan siap saji, peralatan di rumah tangga, hiburan," ujar dia.

Dengan adanya inisiatif untuk memutus penyebaran virus corona, yakni orang harus di rumah saja, hal ini juga mendorong orang untuk memesan barang secara daring.

"Dan, kemudian menggunakan GoSend sebagai layanan untuk melakukan delivery," Junaidi melanjutkan.

Junaidi mengungkapkan barang kategori makanan dan minuman mendominasi kenaikan tersebut. Berikutnya, barang kiriman berupa pakaian atau tekstil dan juga beberapa hal yang lain.

Lebih dari itu, survei yang digelar Gojek bersama lembaga pihak ketiga, menunjukkan bahwa teknologi Gojek dirasakan manfaatnya oleh 94 persen social seller (mereka yang berjualan lewat media sosial), dengan 77 persen layanan logistik paling banyak dirasakan manfaatnya.

"Karena layanan logistik ini memudahkan mereka berusaha tanpa ribet logistiknya seperti apa. Bagi kami ini sangat membanggakan, dan bagi kami ini juga memacu kami untuk terus mikirin inovasi seperti apa ke depannya untuk terus membantu usaha mikro," ujar Junaidi.

Untuk semakin mempermudah para pengguna dalam pengiriman barang, Gojek memperluas jangkauan layanan pengiriman antarkota GoSend Intercity Delivery dan meluncurkan fitur pemesanan GoSend Web Portal.