Find Us On Social Media :

VMware Raup Peningkatan Pendapatan Dari Model Langganan dan SaaS

By Liana Threestayanti, Kamis, 3 September 2020 | 14:15 WIB

VMware mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 44% dari model penjualan berbasis langganan (subscription) dan Software as a Service (SaaS).

Mengumumkan capaian keuangan selama kuartal kedua (Q2) tahun fiskal 2021, VMware mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 44% dari model penjualan berbasis langganan (subscription) dan Software as a Service (SaaS).

VMware menyampaikan bahwa total pendapatan dari subscription, SaaS, dan lisensi pada kuartal kedua tahun fiskal 203 mencapai US$1,35 miliar atau meningkat sebesar 11 persen dari kuartal kedua tahun sebelumnya. Dari subscriptio dan SaaS saja VMware meraup pendapatan hingga US$631 juta atau meningkat sebesar 44 persen year-over-year atau setara dengan 22 persen dari total pendapatan yang diraih oleh perusahaan.

Sementara pendapatan VMware di kuartal kedua tahun 2021 mencapai US$2,88 miliar atau meningkat sebesar 9 persen dari pendapatan di kuartal kedua tahun fiskal 2020.

 “Di tengah situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini, kami berhasil melakukan eksekusi dengan baik, berikut performa finansial yang memuaskan di kuartal kedua tahun fiskal 2021,” ucap Pat Gelsinger, VMware CEO.

“Kami berharap bahwa strategi Any Cloud, Any Application, Any Device yang kami terapkan dapat menghadirkan solusi bagi seluruh pelanggan kami dalam menghadapi tantangan-tantangan teknologi yang begitu menantang, serta agar mereka berhasil melampaui capaian-capaian yang menjadi gol bisnis mereka,” lanjutnya.

Zane Rowe, Executive Vice President dan CFO, VMware menegaskan bahwa performa di kuartal kedua  yang diperlihatkan oleh perusahaan software enterprise ini mencerminkan kekuatan VMware di lini produk subscription-based dan SaaS, di mana bisnis di lini tersebut mengalami pertumbuhan hingga 44 persen year-over-year.

“Kami akan terus melakukan akselerasi pada sejumlah inisiatif produk di sepanjang sisa tahun berjalan ini. Komitmen ini diharapkan dapat mendukung pelanggan dalam menyempurnakan transformasi digital mereka sekaligus untuk memacu pertumbuhan bisnis di lini produk Subskripsi dan SaaS yang kami tawarkan," janji Zane.

Sementara itu, VMware terus mengembangkan strategi multicloud dengan menghadirkan sejumlah peningkatan di platform cloud dan ekosistem.

VMware mengumumkan ketersediaan VMware Cloud on Dell EMC generasi kedua, layanan Infrastructure as-a-Service dari VMware yang simpel, kian aman, dan berskalabilitas tinggi bagi pelanggan, baik itu untuk lokasi data center on premise maupun edge.

Google Cloud mengumumkan ketersediaan Google Cloud VMware Engine, layanan pihak pertama yang terintegrasi dengan dukungan end-to-end dalam migrasi dan menjalankan lingkungan VMware di Google Cloud.

Microsoft hadirkan preview untuk Azure VMware Solution generasi selanjutnya, yakni sebuah solusi pihak pertama yang dirancang, dibangun, dan didukung oleh Microsoft serta mendapat sokongan dari VMware.

VMware mengumumkan sejumlah kapabilitas baru sehingga nilai ekonomi dari VMware Cloud on AWS bisa meningkat, sekaligus mampu memenuhi kebutuhan modernisasi aplikasi, kontinuitas bisnis dan resiliensi, serta migrasi cloud.