Find Us On Social Media :

Xiaomi Bakal Hadirkan Layanan Internet di Indonesia, Ini Strateginya

By Adam Rizal, Selasa, 8 September 2020 | 15:30 WIB

Country Director Xiaomi Alvin Tse Pamerkan flagship Mi Mix Alpha

Indonesia menjadi negara penting dan potensial bagi Xiaomi. Bahkan, produsen smartphone seri Mi, Redmi, dan Poco itu berencana untuk menghadirkan lebih dari sekadar produk fisik.

Xiaomi memiliki cita-cita membawa lebih banyak layanan berbasis internet untuk konsumen di Tanah Air. Hal tersebut disampaikan oleh Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, dalam sebuah wawancara eksklusif dengan KompasTekno, pekan lalu.

"Di sektor internet, seiring berjalannya waktu, setelah bisnis smartphone Xiaomi berkembang pesat dan layanan purna jualnya siap sedia, kami ingin meluncurkan beragam layanan berbasis internet di Indonesia," kata Alvin.

Menurut Alvin, layanan berbasis internet ini nantinya akan mempermudah kehidupan konsumen di Tanah Air.

Salah satu contohnya adalah dengan menghadirkan sebuah layanan asuransi berbasis digital yang fitur-fiturnya relevan dengan pengguna lokal. Sehingga, pengguna di Indonesia bisa memiliki jaminan asuransi dengan mudah dengan fitur-fitur yang mungkin bisa disesuaikan dengan konsumen.

Meski demikian, ia tidak menjelaskan secara rinci bagaimana Xiaomi akan menghadirkan layanan berbasis internet tersebut di pasar ini, berikut waktunya.

Namun, ia mengumbar bahwa hal tersebut tak mungkin dicapai sendiri. Artinya, Xiaomi perlu menggandeng beberapa mitra lokal untuk menghadirkan layanan yang dimaksud.

"Mungkin kami akan bermitra dengan startup lokal, dan mencoba untuk mengintegrasikan layanan berbasis internet ini ke smartphone untuk mempermudah pengguna. Hal seperti ini bisa saja terwujud di Indonesia di kemudian hari," jelas Alvin.

Baca Juga: Daftar Smartphone Terkencang Agustus Versi AnTuTu, Siapa Nomor Satu?

Fokus di bisnis Internet

Selain bisnis smartphone, Alvin menuturkan bahwa Xiaomi sebenarnya memiliki bisnis model yang terpusat di ranah internet. Maksudnya adalah, Xiaomi memiliki serangkaian produk yang dapat saling terhubung dengan teknologi tersebut.

Sebut saja seperti Mi TV, Mi LED Smart Bulb, Mi Air Purifier, hingga Xiaomi WiFi Extender Pro yang bisa terkoneksi, berikut dikontrol, secara langsung dengan smartphone lewat internet melalui sebuah aplikasi.

Tak hanya produk, di bidang pemasaran, gerai Xiaomi baik offline, seperti Mi Store dan online seperti Mi.com serta sejumlah mitra e-commerce juga turut terhubung satu sama lain dalam satu rantai distribusi.

Pada sektor layanan sendiri, Xiaomi sebenarnya sudah memiliki beberapa layanan berbasis internet, salah satunya adalah sistem antarmuka (UI) khas perusahaan, MIUI, serta beragam aplikasi lainnya.

Ke depannya, seperti yang dikatakan Alvin, Xiaomi berencana untuk menghadirkan layanan internet yang berfokus di bidang finansial, salah satunya adalah layanan asuransi tadi.

"Di masa depan, Xiaomi akan menghadirkan layanan finansial, seperti aneka produk asuransi, berikut beberapa layanan internet berbasis aplikasi seperti game, aplikasi, hingga rekomendasi dari toko aplikasi," pungkas Alvin.

Baca Juga: Gabung Tiga Besar, Xiaomi Diprediksi Rebut Posisi Apple Tahun Depan