Find Us On Social Media :

VMworld 2020: Menenagai Organisasi pada Dunia yang Tidak Menentu

By Cakrawala, Rabu, 7 Oktober 2020 | 10:00 WIB

Pat Gelsinger (Chief Executive Officer, VMware) menjelaskan perihal fondasi digital untuk suatu dunia yang tidak menentu yang ditawarkan VMware pada VMworld 2020 belum lama ini.

Transformasi digital yang terakselerasi menjadi salah satu konsekuensi dari pandemi COVID-19 di dunia untuk banyak organisasi. Hal serupa juga dikemukakan oleh VMware pada VMworld 2020 yang baru lalu. Menurut VMware, dunia memang sedang berpikir ulang mengenai banyak hal; seperti cara bekerja, cara belajar, dan cara berobat; tetapi pandemi COVID-19 makin mendorong hal tersebut. "Kunci" dari pemikiran ulang ini adalah inovasi digital. Berbagai konsumen VMware pun berhasil menghadapi pandemi COVID-19 berkat produk, layanan, dan solusi VMware yang memungkinkan inovasi digital. VMware menegaskan bahwa produk, layanan, dan solusinya bisa menjadi fondasi digital untuk suatu dunia yang tidak menentu seperti saat ini. VMware tentunya menghadirkan pula berbagai tawaran baru pada VMworld 2020 yang bertajuk “Possible Together” itu. Alhasil, VMware makin bisa menenagai aneka organiasi pada dunia yang tidak menentu, baik sekarang maupun pada masa depan.

"Tahun 2020 adalah tahun luar biasa dan menantang. Dengan ini sebagai latar, kita sedang berada pada pemikiran ulang yang mendalam mengenai setiap dimensi dari kehidpuan kita; bagaimana kita merawat orang sakit, bagaimana kita terhubung, bagaimana kita hidup, bagaimana kita beribadah, bagaimana kita belajar, dan bagaimana kita bekerja. Pusat dari pemikiran ulang yang mendalam ini adalah inovasi digital. Kita telah melihat peningkatan bersejarah akan ketergantungan kita terhadadp aplikasi, cloud, perangkat. Strategi kami bergema lebih kuat dari sebelumnya; kemampuan untuk mengakses aplikasi apa saja pada cloud apa saja pada perangkat apa saja," ujar Pat Gelsinger (Chief Executive Officer, VMware) ketika mengawali VMworld 2020 yang hadir secara virtual.

Salah satu konsumen VMware yang berhasil menghadapi pandemi COVID-19 adalah American Hospital Dubai. Seperti banyak rumah sakit, American Hospital Dubai juga harus menangani pasien COVID-19 dalam jumlah besar. Bahkan, seperti disampaikan pada VMword 2020, American Hospital Dubai harus mengubah salah satu fasilitasnya menjadi rumah sakit lapangan yang berhasil beroperasi penuh dalam 72 jam. Untuk menangani beban kerja yang bertambah ini, American Hospital Dubai antara lain beralih menjadi lebih ke suatu hyperconverged infrastructure yang menawarkan kelincahan lebih tinggi. Hyperconverged infrastructure tersebut tentunya ditenagai oleh produk VMware.

Satu contoh lain, dikemukakan VMware sebelum VMworld 2020, adalah UOB (United Overseas Bank) yang kantor pusat regionalnya berada di Singapura. UOB pada masa pandemi COVID-19 sedang mengerjakan suatu proyek. Dengan bantuan VMware dan produknya, para pihak yang terlibat dalam proyek tersebut bisa tetap mengerjakan proyek bersangkutan meski berada di rumah. Pada VMworld 2020, kemampuan untuk bekerja dari rumah secara efisien ini pun disebutkan VMware berhasil dilakukan MD Anderson Cancer Center berkat produknya.

Sejalan dengan visinya yang "Any Cloud, Any Application, Any Device"; pada VMworld 2020, VMware menegaskan strategi terkininya adalah menghantarkan fondasi digital untuk suatu dunia yang tidak menentu. Pusatnya tentu saja adalah bisnis, aplikasi, dan data dari organisasi yang menjadi konsumen VMware. Selain berpusat pada bisnis, aplikasi, dan data konsumennya, VMware membagi fondasi digital untuk suatu dunia yang tidak menentunya itu ke dalam lima building block, yakni App Modernization, Multi-cloud, Digital Workspace, Virtual Cloud Networking, dan Intrinsic Security. Ilustrasinya bisa dilihat pada Gambar 1.

Gambar 1. Ilustrasi fondasi digital untuk suatu dunia yang tidak menentu yang disampaikan VMware pada VMworld 2020 baru-baru ini.