Find Us On Social Media :

Resmi Hadir di RI, Begini Cara Pakai Fitur Belanja Instagram Shopping

By Adam Rizal, Rabu, 7 Oktober 2020 | 13:00 WIB

Instagram Shopping

Instagram telah meluncurkan fitur belanja Instagram atau Instagram Shopping secara global pada Juli lalu.

Kini fitur itu sudah muncul di Indonesia dan pengguna sudah bisa menggunakannya untuk berbelanja berbagai macam barang.

Dengan aplikasi Instagram versi 162.0.0 di Android, Anda bisa menemukan Instagram Shopping di feed akun Instagram gerai online dengan ikon sebuah gambar tas. Ikon tersebut berjajar dengan ikon galeri, IGTV, dan tagged di laman profil.

Setelah mengklik ikon belanja, pengguna akan disuguhkan katalog yang berisi produk, nama produk, serta harga.

Setelah memilih salah satu produk, klik "view on website" yang akan membawa pengguna ke situs resmi toko tersebut untuk menyelesaikan proses belanja termasuk pembayaran.

Agak berbeda dengan Instagram Shopping versi global, Instagram Shopping di Indonesia belum bisa menggunakan Facebook Payment untuk proses transaksi.

Belum diketahui apakah Instagram Shopping juga akan tersedia di IGTV seperti versi global atau tidak.

Kemungkinan, fitur ini juga bisa ditemukan di Instagram Stories gerai online atau kreator dan juga tab explore.

Apabila belum mendapat fitur ini, cobalah untuk memperbarui aplikasi Instagram di Play Store untuk Android dan Apps Store untuk iOS.

Instagram Shopping bisa jadi belum tersedia secara meluas di Indonesia. Sebab, KompasTekno juga menemukan akun yang belum kebagian fitur tersebut meskipun versi aplikasi ayng digunakan sama.

Jamin Keamanan 

Dengan hadirnya fitur ini, Instagram mengatakan akan menjamin keamanan pengguna yang menggunakan Instagram Shopping. Pieter Lydian, Country Director Facebook Indonesia, mengatakan Instagram akan memperketat regulasi dan mewajibkan pebisnis menghubungkan fitur belanja di Instagram dengan situs resmi mereka sendiri.