Instagram telah meluncurkan fitur belanja Instagram atau Instagram Shopping secara global pada Juli lalu.
Kini fitur itu sudah muncul di Indonesia dan pengguna sudah bisa menggunakannya untuk berbelanja berbagai macam barang.
Dengan aplikasi Instagram versi 162.0.0 di Android, Anda bisa menemukan Instagram Shopping di feed akun Instagram gerai online dengan ikon sebuah gambar tas. Ikon tersebut berjajar dengan ikon galeri, IGTV, dan tagged di laman profil.
Setelah mengklik ikon belanja, pengguna akan disuguhkan katalog yang berisi produk, nama produk, serta harga.
Setelah memilih salah satu produk, klik "view on website" yang akan membawa pengguna ke situs resmi toko tersebut untuk menyelesaikan proses belanja termasuk pembayaran.
Agak berbeda dengan Instagram Shopping versi global, Instagram Shopping di Indonesia belum bisa menggunakan Facebook Payment untuk proses transaksi.
Belum diketahui apakah Instagram Shopping juga akan tersedia di IGTV seperti versi global atau tidak.
Kemungkinan, fitur ini juga bisa ditemukan di Instagram Stories gerai online atau kreator dan juga tab explore.
Apabila belum mendapat fitur ini, cobalah untuk memperbarui aplikasi Instagram di Play Store untuk Android dan Apps Store untuk iOS.
Instagram Shopping bisa jadi belum tersedia secara meluas di Indonesia. Sebab, KompasTekno juga menemukan akun yang belum kebagian fitur tersebut meskipun versi aplikasi ayng digunakan sama.
Jamin Keamanan
Dengan hadirnya fitur ini, Instagram mengatakan akan menjamin keamanan pengguna yang menggunakan Instagram Shopping. Pieter Lydian, Country Director Facebook Indonesia, mengatakan Instagram akan memperketat regulasi dan mewajibkan pebisnis menghubungkan fitur belanja di Instagram dengan situs resmi mereka sendiri.
"Ada juga fitur report (lapor) yang bisa digunakan oleh pengguna apabila mereka menemukan akun yang melakukan penipuan atau perbuatan-perbuatan tidak terpuji di Instagram atau Facebook," jelas Pieter.
Instagram juga akan gencar mengampanyekan literasi media sosial. Pieter mencontohkan, penguna bisa mengecek informasi akun bisnis atau kreator lewat fitur "About this account".
Fitur ini bisa ditemukan dengan membuka laman profil akun pebisnis atau kretaor, kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas, dan pilih opsi "About this account" atau "tentang akun ini".
Di dalamnya akan tertera beberapa informasi terkait kapan akun itu bergabung dan informasi nama pengguna yang sudah pernah digunakan akun tersebut.
"Kenapa ini penting, karena bisanya akun palsu sering mengganti nama akun mereka," imbuh Pieter.
Pieter juga menambahkan proses pembayaran tidak akan dilakukan di Instagram, melainkan akan dilakukan di situs resmi pebisnis. Hal ini agak berbeda dengan Instagram Shopping versi global, di mana pembayaran bisa menggunakan Facebook Payment. Sebab, di Indonesia sendiri belum tersedia Facebook Payment.
Lizzie Parra, Founder & CMO BLP Beauty yang turut hadir dalam acara itu mengatakan bahwa kehadiran Instagram Shopping di Indonesia sangat mempermudah pelanggannya untuk berbelanja.
Di sisi lain, pebisnis juga mendapatkan manfaat dari peningkatan trafik ke situs resmi mereka.
"Dengan adanya Instagram Shopping ini lebih mempermudah pelanggan untuk berbelanja kemudian meningkatkan trafik dari website kita juga, jadi memang win-win solution buat pelanggan dan bisnisnya," jelas Lizzie dalam acara konferensi pers peluncuran Instagram Shopping, Selasa (6/10/2020)
Hal senada juga dikatakan Yasa Singgih, Founder & CEO Men's Republic yang menyebut bahwa Instagram Shopping mempermudah calon pembeli karena informasi produk dan pembelian cukup jelas di katalog dan situs.