Find Us On Social Media :

Review Black Shark 3: Smartphone untuk Gim dengan Kinerja yang Optimal

By Dayu Akbar, Selasa, 27 Oktober 2020 | 14:00 WIB

Black Shark 3

Bisa dibilang merek Black Shark adalah satu-satunya smartphone yang khusus dibuat untuk para pemain gim. Konsistensi ini kembali dibuktikan dengan menghadirkan Black Shark 3. Sebagai smartphone untuk bermain gim alias gaming, tentu saja spesifikasi yang dimilikinya sekelas flagship. Namun berbeda dengan smartphone flagship biasa, smartphone untuk bermain gim menyediakan berbagai fitur penunjang untuk mengoptimalkan sistem saat bermain gim. Tidak ketinggalan ekosistem yang dibangunnya dengan menyediakan aksesori pendukung seperti gamepad, kibor untuk bermain gim, pendingin eksternal, maupun headset.

Dilihat dari desainnya, Black Shark 3 punya bodi dan tampilan yang “laki banget”. Dengan warna hitam pekat, bobotnya terasa sedikit berat dan bila digenggam terasa mantap. Sebenarnya Black Shark 3 hadir dalam dua pilihan warna yaitu perak dan hitam; kami lebih menyukai warna hitam yang membuatnya terlihat lebih tangguh.

Bagian belakang menggunakan kombinasi material aluminium dan plastik serta beberapa area yang menggunakan lapisan kaca. Bagian belakang tersebut membentuk motif X; area bingkai atasnya yang disebut dengan desain berlian memiliki tiga kamera belakang dengan bentuk yang tidak lazim dan berbeda dengan smartphone kebanyakan. Sementara, pada bingkai bagian bawahnya yang juga berbentuk berlian, terdapat pin magnetik untuk magnetic wireless charging, serta tulisan 5G yang menegaskan dukungan jaringan super kencang tersebut. Di Indonesia tentu 5G belum bisa digunakan.

Area kamera belakang memiliki bingkai unik berbentuk segitiga yang di dalamnya terdapat tiga kamera dengan resolusi masing-masing 64 MP, 13 MP, dan 5 MP, plus satu LED flash.

Masih di bagian bodi belakangnya, terdapat tiga lampu LED RGB yang akan menyala pada logo huruf S dan dua garis pada bagian atas dan bawah. LED RGB ini bisa dikustomisasi melalui peranti lunak Light Effects guna mengatur warna sampai mode pencahayaannya.

Pada sisi kiri, terdapat tombol volume dan slot kartu yang letaknya cenderung pada bagian atas. Sementara, pada sisi kanan ada tombol power pada bagian atas dan tombol Shark key pada bagian bawah. Shark key berfungsi untuk mengaktifkan launcher Shark Space secara cepat. Adapun pada sisi bawah terdapat porta USB Type-C dan pada sisi atas terdapat jack audio 3,5 mm. Speaker-nya sendiri ditempatkan pada sisi atas dan bawah dekat dengan layar. Speaker ini sudah menggunakan sistem stereo untuk mendapatkan suara yang lebih bagus.

Dengan ukuran 6,67 inci dan resolusi 2.400 x 1.080 piksel, layarnya menggunakan panel AMOLED yang diklaim memiliki delta E kurang dari 1. Artinya, layar ini sudah memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi. Di bawah panel juga sudah disematkan sensor sidik jari yang menjadi salah satu fitur wajib smartphone masa sekarang. Oh ya, untuk tampilan yang lebih mulus, layar Black Shark 3 mendukung refresh rate sampai 90 Hz. Anda juga disediakan opsi untuk mengubah ke pilihan 60 Hz atau membiarkan sistem beralih secara otomatis.

Bingkai bagian bawah terdapat pin magnetik untuk magnetic wireless charging 18 W serta tulisan 5G yang menegaskan dukungan jaringan super kencang tersebut.