Find Us On Social Media :

Rayakan Ultah ke-10, Gojek Ungkap Pencapaian Bisnis Selama Pandemi

By Rafki Fachrizal, Jumat, 13 November 2020 | 15:15 WIB

Ilustrasi Gojek

Merayakan hari jadinya yang ke-10, Gojek mengumumkan sejumlah pencapaian bisnis selama tahun 2020, yang di mana merupakan masa-masa penuh tantangan lantaran situasi pandemi COVID-19.

Di tahun 2020, layanan-layanan utama Gojek berhasil mencetak laba operasional di luar biaya headquarter atau dikenal dengan istilah contribution margin positive.

Pencapaian ini antara lain didorong oleh investasi yang terfokus pada sejumlah area strategis seperti inovasi produk dan layanan, otomatisasi (automation) seperti GoBiz self-serve onboarding dan CareTech ticket automation, serta investasi di sumber daya manusia di bidang teknologi.

Tahun 2020 ini, total nilai transaksi di dalam platform Gojek group (Gross transaction value - GTV) yang mencapai US$12 miliar (sekitar Rp170 triliun) atau meningkat 10% dibandingkan tahun lalu.

Pencapaian ini didorong oleh transaksi dari pengguna aktif bulanan (monthly active users) Gojek yang telah mencapai 38 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara

Sementara itu, GTV dari layanan pembayaran digital, GoPay, saat ini telah melampaui total GTV di masa pra-pandemi; hal ini seiring dengan semakin banyaknya konsumen dan merchant yang beralih ke layanan digital dan bertransaksi secara online.

Dalam konferensi pers virtual yang digelar Kamis (12/11), Kevin Aluwi, Co-CEO Gojek mengatakan, “Di ulang tahun ke-10 ini, saya bangga dan bersyukur dengan pencapaian Gojek hingga saat ini, juga dengan cara kami merespons dan beradaptasi di tengah situasi sulit, melalui inovasi dan kerja keras dari seluruh tim di Gojek.”

“Dengan komitmen untuk terus memberikan peluang terhadap kehidupan yang lebih baik melalui teknologi, serta fokus kepada efisiensi bisnis, kami akan terus menciptakan dampak positif bagi ekosistem kami serta berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia dan Asia Tenggara di tahun-tahun mendatang,” tambah Kevin.

Baca Juga: Layanan GoScreen Mungkinkan Pemilik Brand Pasang Iklan di Motor Mitra Gojek

Konferensi Pers Virtual Hari Jadi Gojek ke-10, Kamis (12/11)

Mendukung Digitalisasi dan Pertumbuhan UMKM

Salah satu pendorong utama pertumbuhan Gojek adalah ekosistem merchant, yang jumlahnya terus bertumbuh hingga 80% menjadi 900 ribu merchant dari 500 ribu di tahun lalu. Peningkatan signifikan ini terutama didorong oleh digitalisasi merchant UMKM di masa pandemi.

Gojek hadir dengan layanan dan solusi komprehensif untuk pengusaha UMKM dengan berbagai skala bisnis, termasuk mereka yang baru pertama kali go-digital.