Di tengah situasi pandemi COVID-19, kebutuhan para perusahaan akan layanan atau platform berbasis cloud untuk berkomunikasi dengan pelanggan semakin dibutuhkan.
Seperti yang dicatatkan oleh perusahaan penyedia platform komunikasi berbasis cloud, Infobip.
Situasi pandemi membuat para kliennya untuk semakin menambah implementasi dari jenis layanan komunikasi pelanggan yang ditawarkan Infobip.
“Kita mendapat positive feedback di era pandemi. Tadinya klien kita menggunakan satu layanan saja, lalu mereka melihat ada kebutuhan lainnya maka mereka mencoba me-leverage channel komunikasinya dengan mengadopsi layanan kami yang lain,” jelas Nofita Sari selaku Country Manager of Infobip Indonesia, kepada InfoKomputer beberapa waktu lalu.
Dijelaskan Nofita, kebutuhan lain yang banyak dibutuhkan perusahaan tersebut seperti mengukur efektivitas dari kampanye yang mereka lakukan, mengirim reminder, campaign, atau kode OTP (One Time Password).
“Bisa juga untuk segmentasi. Misalnya untuk pelanggan milenial, perusahaan bisa komunikasi dengan mereka melalui chatapps. Kalau misalnya untuk pelanggan elder, bisa melalui SMS atau melalui voice (panggilan suara). Itu juga merupakan salah satu alasan mereka (perusahaan) menggunakan multi-channel,” ujar Nofita.
Lebih lanjut, Infobip sendiri mencatat ada tiga jenis layanan yang paling banyak digunakan kliennya selama di masa pendemi, yaitu SMS, voice (panggilan suara), dan chatapps (Whatsapp, Facebook Messenger, dan lainnya).
Sedangkan untuk jenis industri yang saat ini paling banyak menggunakan layanan Infobip, berasal dari dua industri. “E-commerce dan FSI (bank atau multi finance),” cetus Nofita.
Untuk industri e-commerce, di Indonesia salah satu klien Infobip adalah Bukalapak.
Selain fokus menawarkan layanannya ke perusahaan-perusahaan besar dari berbagai industri, di tengah pandemi ini Infobip juga fokus menawarkan layanannya ke para pebisnis dari industri UKM (Usaha Kecil dan Menengah).
“Karena UKM sendiri merupakan bagian terpenting dari ekonomi di Indonesia,” imbuh Nofita.
Baca Juga: Aplikasikan Solusi Cloud AVEVA, Shell Akselerasi Transformasi Digital
Luncurkan Solusi Contact Centre untuk Perusahaan
Pada pertengahan Oktober lalu, Infobip meluncurkan software terbaru yang dapat menjadi solusi contact centre perusahaan, Conversations.
Conversations merupakan solusi digital contact centre berbasis cloud yang dapat membantu sebuah perusahaan untuk menghadirkan dukungan omnichannel dalam satu antarmuka (interface).
Platform sosial yang didukung oleh Conversations antara lain Facebook Messenger, WhatsApp, Live Chat, SMS, dan chatbots internal.
Nofita mengungkapkan, “Dengan Conversations, perusahaan memiliki kemampuan untuk menghadirkan komunikasi yang kontekstual sekaligus menjadi solusi permasalahan pelanggan secara real-time dengan menggunakan satu platform. Kami ingin membantu perusahaan di Indonesia menyederhanakan proses komunikasi dan membuat mereka dapat berinteraksi dengan pelanggan secara personal tanpa gangguan.”
Platform komunikasi omnichannel cloud ini juga dapat digunakan bersamaan dengan Answers, platform pembuatan chatbot dari Infobip yang memungkinkan perusahaan untuk membangun, menguji, dan menerapkan kecerdasan buatan (AI) dan chatbot berbasis kata kunci untuk bisnis mereka.
Chatbot ini kemudian dapat dikelola melalui Conversations, membuat tim customer service memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada solusi bagi pelanggan yang lebih kompleks.
Dengan begitu, manager contact centre dapat memantau semua interaksi yang terjadi antara bots dan pelanggan secara langsung dan memastikan bahwa setiap percakapan yang lebih kompleks dapat diarahkan ke tim customer service agent.
Baca Juga: Inilah Strategi Paragon Technology dalam Memasuki Era Industri 4.0