Find Us On Social Media :

Inilah Lima Inovasi Terbaru Tokopedia untuk Penggunanya di Android

By Rafki Fachrizal, Rabu, 18 November 2020 | 22:34 WIB

Ilustrasi Aplikasi Tokopedia di Smartphone Android

Head of Engineering Tokopedia Rico Harisin mengungkapkan bahwa Tokopedia terus menghadirkan sederet inovasi digital bagi para penggunanya, termasuk pengguna di smartphone dengan sistem operasi (OS) Android.

Sebagai informasi, Rico merupakan salah satu software engineer yang terlibat dalam mengembangkan aplikasi Android Tokopedia dari nol pada tahun 2013 lalu.

“Sejak diluncurkan di tahun 2014, aplikasi Android Tokopedia kini telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android di Indonesia,” ujar Rico dalam acara Virtual Media Briefing: Inovasi Digital Android Tokopedia, Selasa (17/11).

Baca Juga: Melirik Cara Tokopedia Membangun Platform Marketplace-nya di iOS & Web

Lebih lanjut, Rico menjelaskan lima inovasi atau fitur terbaru di aplikasi Tokopedia (Android) yang telah ia hadirkan bersama 45 tim software engineers yang dipimpinnya.

Berikut kelima inovasi tersebut:

1. Dynamic Features

“Berangkat dari semangat inklusivitas, Dynamic Feature bisa membantu menyesuaikan ukuran aplikasi Tokopedia dengan kebutuhan dan spesifikasi smartphone Android pengguna sehingga aplikasi kami bisa dipakai seluruh kalangan masyarakat,” ungkap Rico.

Dengan Dynamic Feature, aplikasi Tokopedia akan mengunduh fitur utama yang memang digunakan oleh pengguna sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan smartphone Android pengguna karena aplikasi hanya berisi fitur yang krusial.

Sebagai contoh, Tokopedia bisa mendeteksi apakah pengguna memiliki toko atau tidak, jika tidak maka fitur yang berhubungan dengan penjual tidak diunduh. 

Dengan fitur tersebut, dapat mengurangi rata-rata ukuran aplikasi Tokopedia sebesar 27%, dari 49.9MB menjadi 36MB.

2. Integrasi dengan Google Assistant

Fitur ini dapat mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi Tokopedia dengan perintah suara (Google Assistant) lewat teknologi App Action, tanpa harus membuka aplikasi dan navigasi ke menu tertentu.