Find Us On Social Media :

Raup Cuan di Festival Belanja 11.11, Alibaba Kerahkan Teknologi Ini

By Liana Threestayanti, Kamis, 19 November 2020 | 15:15 WIB

Ilustrasi Festival Belanja Global 11.11 Alibaba

Meraup cuan besar dalam gelaran Festival Belanja Global 11.11 lalu, Alibaba Group ternyata mengerahkan beragam teknologi terkini. Apa saja teknologi tersebut?

Di Festival Belanja 11.11 tahun 2020 ini, Alibaba Group berhasil meraih nilai total transaksi sebesar 498,2 miliar Yuan atau sekitar US$ 74,1 miliar dalam Gross Merchandise Volume (GMV) selama periode kampanye yang berlangsung selama 11 hari. 

Baca juga: Untung Besar, Alibaba Raup 'Cuan' Rp793 Triliun dari Harbolnas 11.11

Dalam rilisnya, Alibaba Cloud, sebagai tulang punggung digital dan kecerdasan Alibaba Group, menyebutkan bahwa tepat setelah tengah malam di tangal 11 November 2020, hanya 26 detik setelah periode belanja dimulai, puncak pesanan mencapai 583.000 per detik. Angka tersebut sama dengan 1.400 kali jumlah pesanan puncak pada awal debut festival ini, 12 tahun lalu di 11 November 2009.

"Kami sangat bangga dapat memfasilitasi hingga 800 juta konsumen dan 2.500 brand selama berlangsungnya festival belanja terbesar di dunia ini," kata Li CHENG, Chief, Chief Technology Officer of Alibaba Group. Li mengatakan bahwa teknologi Alibaba telah lulus dari ujian terberat ini dengan gemilang. Hal itu bisa terjadi berkat dukungan, mulai dari infrastruktur digital yang kokoh, hingga teknologi cloud-native untuk meningkatkan efisiensi pengembang aplikasi dan pengalaman konsumen dalam menggunakan aplikasi.

Platform Komputasi Tangani Skalabilitas Ekstrem

Platform komputasi real-time Alibaba, yang didukung oleh Apache Flink, memroses aliran data sebesar 4 miliar item per detik selama puncak pesanan yang melonjak naik 2,5 miliar item dari tahun lalu. Sementara platform data warehouse Alibaba, yaitu MaxCompute, menangani 1,7 Exabyte data per hari  (1 Exabyte = 1 miliar Gigabyte) selama 11 hari periode festival mulai dari tanggal 1 hingga 11 November 202. Angka tersebut setara dengan pemrosesan 230 foto dengan resolusi tinggi dari 7 miliar orang di dunia. Di tengah skalabilitas ekstrem dan kinerja yang tinggi itu, Alibaba mencatat bahwa tidak ada durasi waktu henti atau downtime selama periode festival yang diperpanjang tahun ini.

Manfaatkan Database Cloud-native

Menggunakan database cloud-native PolarDB, AnalyticDB, dan Lindorm, Alibaba Cloud memastikan Festival 11.11 dapat berjalan dengan lancar bahkan di saat puncak transaksi sekalipun. 

PolarDB mencetak rekor baru dengan 140 juta query per detik selama waktu puncak pukul 11.11, atau meningkat 60% dari tahun lalu. AnalyticDB, data warehouse yang dikembangkan oleh Alibaba Cloud, memroses hingga 7,7 triliun baris data secara real-time atau setara dengan 15 kali lipat data dari Arsip Web Inggris di British Library. Selain itu, PolarDB-X dan AnalyticDB membantu China Post menangani lebih dari 100 juta pesanan selama 11.11, dengan sekitar 100.000 pelanggan China Post memeriksa status paket secara online dan real-time.

Pengalaman Live Streaming Pukau Konsumen

Live streaming menjadi pusat perhatian pada 11.11 tahun ini dengan menampilkan puluhan ribu livestreaming di Taobao Live.