Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Download Foto dan Video dari Google Photos

By Adam Rizal, Senin, 30 November 2020 | 15:00 WIB

Google Photos

Google Photos tidak lagi memberikan ruang penyimpanan tanpa batas (unlimited) secara cuma-cuma untuk menyimpan foto dan video pada 1 Juni 2021.

Alih-alih unlimited, media penyimpanan (storage) Google Photos bakal disatukan dengan storage 15 GB yang sudah tersedia secara gratis bagi seluruh akun Google.

Artinya, beragam foto dan video pengguna akan "berdesak-desakan" dengan berbagai data dari layanan Google lainnya, seperti Drive, Gmail, Keep Notes, Sheets, dll.

Apabila kurang, storage 15 GB tersebut bisa diperluas dengan Google One yang dibanderol dengan harga termurah Rp 26.900 per bulan untuk kapasitas ekstra 100 GB.

Bagi Anda yang tidak ingin merogoh kocek, tentunya ini kabar yang cukup mengejutkan. Terlebih, apabila Anda selama ini mengandalkan Google Photos untuk menyimpan foto dan video.

Nah, sebelum peraturan baru ini berlaku, Anda bisa mencadangkan ( backup) data Google Photos Anda terlebih dahulu ke media penyimpanan lain, seperti ke komputer atau laptop.

Sehingga, aneka foto dan video yang biasanya memiliki ukuran besar tersebut tidak memakan storage yang kapasitasnya "hanya" 15 GB.

Untuk itu, pengguna harus mengunduh (download) foto dan video yang sudah tersimpan di Google Photos.

Baca Juga: Google Minta Pengembang Tampilkan Penggunaan Data di Toko Web Chrome

Bagaimana caranya?

Pertama-tama, kunjungi halaman Google Takeout melalui tautan berikut ini. Halaman ini bisa diakses melalui desktop maupun mobile. Kemudian, masuk menggunakan akun Google Anda.

Setelah itu, gulirkan (scroll) layar ke bawah dan tandai kotak centang (checkbox) "Google Photos". Anda juga bisa menandai kotak centang pada layanan Google lainnya untuk mencadangkan beragam data yang tersimpan di sana.