Find Us On Social Media :

Delapan Tips Akhir Tahun dari Zilingo untuk Para Pelaku UMKM

By Rafki Fachrizal, Kamis, 10 Desember 2020 | 19:45 WIB

Ilustrasi Bisnis Online

Meskipun harus menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena pandemi, para pelaku usaha, khususnya UMKM terus berjuang untuk melewati paruh terakhir tahun 2020 dengan harapan untuk memulai tahun 2021 dengan lebih kuat.

Oleh karena itu, guna mendukung bisnis Indonesia dalam fase transisi ini, Zilingo melalui Zilingo Trade membagikan beberapa pedoman penting dari industri untuk pertimbangan para pelaku UMKM memasuki tahun 2021. 

Patrick Vaz, Country Manager Zilingo Indonesia, mengatakan, “Sebelum bisnis bersiap memasuki tahun 2021 dengan rencana baru, sangat penting bagi para pelaku usaha untuk melakukan evaluasi akhir tahun terlebih dahulu untuk mengukur kinerja bisnis. Hal ini dibutuhkan untuk memperbaiki kekurangan yang ada, khususnya dari segi operasional.”

Lebih lanjut, Patrick membagikan delapan tips yang dapat menjadi pedoman UMKM untuk membantu mereka menutup tahun 2020 dengan baik dan siap menorehkan prestasi baru di tahun 2021.

Berikut kedelapan tips tersebut:

1. Evaluasi tujuan bisnis Anda di tahun 2020 untuk mengidentifikasi kemenangan dan hambatan yang ada

Sebagai pelaku bisnis kecil, melihat kembali kinerja perusahaan Anda sangatlah dibutuhkan.

Tinjau kembali tujuan tahun ini, evaluasi aktivitas inti usaha Anda, lalu gunakan hasil evaluasi Anda untuk mengukur kinerja bisnis Anda di tahun ini.

Evaluasi bisnis secara menyeluruh dapat menjadi dasar pemetaan peluang Anda pada tahun depan.

2. Tinjau laporan keuangan Anda dan jalankan laporan keuangan

Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas untuk meninjau status keuangan Anda.

Selanjutnya, kembangkan laporan keuangan untuk menentukan apakah Anda berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan laba dan kebutuhan arus kas.

Hal ini diperlukan apabila Anda ingin melakukan penyesuaian dalam rencana keuangan Anda di masa depan.