Find Us On Social Media :

Delapan Tips Akhir Tahun dari Zilingo untuk Para Pelaku UMKM

By Rafki Fachrizal, Kamis, 10 Desember 2020 | 19:45 WIB

Ilustrasi Bisnis Online

Meskipun harus menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena pandemi, para pelaku usaha, khususnya UMKM terus berjuang untuk melewati paruh terakhir tahun 2020 dengan harapan untuk memulai tahun 2021 dengan lebih kuat.

Oleh karena itu, guna mendukung bisnis Indonesia dalam fase transisi ini, Zilingo melalui Zilingo Trade membagikan beberapa pedoman penting dari industri untuk pertimbangan para pelaku UMKM memasuki tahun 2021. 

Patrick Vaz, Country Manager Zilingo Indonesia, mengatakan, “Sebelum bisnis bersiap memasuki tahun 2021 dengan rencana baru, sangat penting bagi para pelaku usaha untuk melakukan evaluasi akhir tahun terlebih dahulu untuk mengukur kinerja bisnis. Hal ini dibutuhkan untuk memperbaiki kekurangan yang ada, khususnya dari segi operasional.”

Lebih lanjut, Patrick membagikan delapan tips yang dapat menjadi pedoman UMKM untuk membantu mereka menutup tahun 2020 dengan baik dan siap menorehkan prestasi baru di tahun 2021.

Berikut kedelapan tips tersebut:

1. Evaluasi tujuan bisnis Anda di tahun 2020 untuk mengidentifikasi kemenangan dan hambatan yang ada

Sebagai pelaku bisnis kecil, melihat kembali kinerja perusahaan Anda sangatlah dibutuhkan.

Tinjau kembali tujuan tahun ini, evaluasi aktivitas inti usaha Anda, lalu gunakan hasil evaluasi Anda untuk mengukur kinerja bisnis Anda di tahun ini.

Evaluasi bisnis secara menyeluruh dapat menjadi dasar pemetaan peluang Anda pada tahun depan.

2. Tinjau laporan keuangan Anda dan jalankan laporan keuangan

Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas untuk meninjau status keuangan Anda.

Selanjutnya, kembangkan laporan keuangan untuk menentukan apakah Anda berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan laba dan kebutuhan arus kas.

Hal ini diperlukan apabila Anda ingin melakukan penyesuaian dalam rencana keuangan Anda di masa depan.

3. Lakukan analisis kompetitif untuk mengukur posisi Anda

Melaksanakan analisis kompetitif membutuhkan perencanaan, penelitian mendalam, dan introspeksi yang jujur.

Dengan analisis secara menyeluruh, perencanaan strategis Anda untuk mengungguli pesaing Anda dapat membantu Anda menentukan target dan menawarkan hasil yang lebih akurat.

4. Persiapkan rencana bisnis dan pemasaran untuk tahun 2021

Pelaku bisnis harus terus bersemangat dan terbuka untuk bereksperimen saat memasuki  tahun 2021.

Luangkan waktu untuk menyusun rencana bisnis untuk tahun depan dengan matang, termasuk rencana pemasaran guna meningkatkan citra merek dan kehadiran Anda di pasar.

Baca Juga: Ingin Menjadi Reseller Online Shop? Simak Dulu Enam Tips Penting Ini

5. Lakukan review serta apresiasi kinerja karyawan akhir tahun

Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat sulit bagi bisnis Anda, termasuk karyawan Anda sehingga sangat relevan untuk meninjau kinerja tenaga kerja Anda dalam beberapa kuartal terakhir.

Hal ini akan membantu Anda lebih memahami kondisi karyawan Anda serta memberi wawasan tentang langkah selanjutnya bagi bisnis Anda. Bagaimanapun, kritik apapun harus diberikan secara konstruktif.

Selain itu, pertimbangkan untuk memberikan liburan atau bonus akhir tahun kepada staf Anda untuk meningkatkan semangat mereka.

6. Perbarui profil situs web dan media sosial Anda

Apakah konten di situs web dan profil media sosial bisnis Anda selalu up-to-date? Media sosial telah menjadi sarana utama pemasaran real-time sejak krisis melanda dari awal tahun ini.

Dedikasikan waktu Anda bulan ini untuk memperbaiki dan menambah konten, atau bahkan merombak keberadaan digital Anda apabila diperlukan.

7. Rancang program apresiasi pelanggan

Apresiasi dalam bentuk apapun itu penting. Para bisnis dalam kondisi seperti ini harus terus menjangkau dan terhubung dengan pelanggan. Hal ini diperlukan untuk tetap relevan di tengah maraknya persaingan yang ada.

Anda dapat mengirimkan kartu ucapan atau email yang dipersonalisasi kepada para pelanggan setia Anda untuk membangun reputasi merek saat Anda merencanakan aktivitas bisnis untuk tahun depan.

Pelanggan yang senang adalah pelanggan setia dan mereka tidak akan sungkan memberikan testimoni positif secara cuma-cuma.

8. Buat daftar dan rayakan pencapaian tahun ini

Jika Anda telah mampu melangkah sejauh ini di tahun 2020, ada baiknya Anda merayakan semua pencapaian tersebut, baik kecil maupun besar.

Semua bisnis harus merayakan prestasi milik mereka, khususnya setelah melewati tahun penuh tantangan.

Selain motivasi, merayakan pencapaian mencerminkan kekuatan bisnis dan tim Anda serta memberikan rasa percaya diri dan arahan untuk memimpin dalam rencana mendatang.

Baca Juga: UMKM yang Tak Adopsi Teknologi Digital Paling Terpukul Selama Pandemi