Di era maraknya bisnis online saat ini, Tokopedia menjadi salah satu platform marketplace pilihan para pelaku bisnis di tanah air yang ingin berbisnis online.
Di platform Tokopedia sendiri, tercatat sudah ada 9,9 juta pelaku bisnis (sebagian besar UMKM) yang mengembangkan bisnisnya di platform tersebut.
Dengan ketatnya persaingan bisnis ini, jika Anda merupakan salah satu pelaku bisnis di Tokopedia tentunya berpikir: “Bagaimana caranya agar bisnis/toko online bisa dilirik banyak pembeli?”
Untuk menjawab hal tersebut, berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman resmi Tokopedia, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan pada bisnis/toko online yang Anda miliki di platform berlogo burung hantu tersebut.
1. Branding Toko
Brand atau merek adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan, semua atribut, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.
Untuk mempertahankannya, kita perlu untuk memiliki brand identity yang merupakan komponen visual yang ada membentuk sebuah merek.
Brand identity ini mencakup logo, tipografi, warna, dan juga kemasan. Ini sangat diperlukan di bisnis online agar toko online Anda selalu melekat di pikiran para calon pembeli.
2. Perhatikan Penulisan Nama Produk
Penulisan nama setiap produk yang Anda jual menjadi hal yang penting diperhatikan. Dengan penulisan nama produk yang baik, maka potensi produk itu ditemukan di halaman pencarian oleh pembeli menjadi lebih besar.
Dalam hal penulisan nama produk, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, beri nama produk dengan kata kunci yang sering diketik calon pembeli pada kolom pencarian.
Kedua, berikan nama produk dengan rumus: Jenis/kategori + Merek + Keterangan + Kata Promosi. Berikut contoh penulisan yang benar: Jaket Jeans Levi’s Original Bahan Berkualitas.
3. Gunakan Foto Produk yang Menarik