Find Us On Social Media :

Ketika OT dan IT Berkonvergensi di Era Industri 4.0

By Liana Threestayanti, Rabu, 3 Februari 2021 | 17:30 WIB

Ilustrasi smart factory

Penulis: Alessandro Chimera, Director Digitalisation Strategy, TIBCO

OT dan IT bukan lagi “dunia” yang berbeda. Konvergensi keduanya menghadirkan manfaat dan peluang baru, apalagi saat kita menyambut era Industri 4.0

Orang-orang suka memilah teknologi. Mereka suka membuat gagasan tentang 'struktur data', yang terdiri dari berbagai jenis alur kerja data, beban kerja aplikasi, dan praktik kerja berbasis logika yang berbeda. Seolah-olah kita ingin menentukan pulau, atau bahkan planet, yang berbeda, dalam kita memilah teknologi untuk dunia modern dari cloud yang dapat disusun.

Proses tersebut sah-sah saja. Tidak masalah untuk menjelaskan satu bagian data, logika, atau hasil aplikasi yang berasal dari “Mars”, dan lainnya dari “Venus”. Bagaimanapun, ini membantu untuk memetakan bidang beban kerja digital yang “mengorbit” di sekitar kita pada saat tertentu.

Dunia terpisah OT & IT

Mungkin belum terlihat perkembangan teknologi yang begitu jelas terpisah seperti dunia OT (Teknologi Operasional) dan IT (Teknologi Informasi). Seperti yang kita ketahui, dua dunia, OT dan TI, secara tradisional dipandang sebagai dua bidang kerja yang berbeda.

Dalam praktiknya, IT dan OT selalu menjadi dua entitas yang terpisah dan hal ini khususnya terjadi di industri manufaktur. Setiap bidang pekerjaan didedikasikan untuk memecahkan atau mengelola masalah tertentu. Namun ketika kedua bidang mulai menyatu, kemungkinan dan solusi baru mulai berkembang.

Layaknya Bumi, kita berada di tengah, di antara dua dunia lain. Kehidupan pun dapat tumbuh subur karena kondisi optimal, tidak terlalu jauh dari matahari dan tidak terlalu dekat dengan matahari. Jika Anda membayangkan diagram Venn dengan OT di satu sisi dan IT di sisi lain, dua lingkaran terpisah tentu saja membentuk tumpang tindih pada Venn tradisional. Tumpang tindih itulah yang memiliki dampak dan potensi terbesar, karena di situlah Industri 4.0 dan Industrial Internet of Things (IIoT) kini dapat berkembang.

Karena konvergensi OT dan IT, kita telah menyaksikan pertumbuhan dan perkembangan metodologi Industri 4.0 dan praktik yang terkait. Konvergensi antara dua area ini penting karena sekarang memungkinkan kami untuk mengeksplorasi lebih dalam dan menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) ke model bisnis yang ada serta menciptakan kemungkinan dan inovasi baru.

OT 1  + IT 1 = The Power of 2

OT memberi kita kontrol operasional, kemampuan mengobservasi, manajemen, pemeliharaan, dan lainnya, TI memberi kita sistem teknologi untuk dikembangkan, diarahkan, dikirim, serta digunakan. Yang satu tidak bisa ada tanpa yang lain dan keseluruhan proposisi di sini lebih besar daripada jumlah dua bagian. Dengan sendirinya, OT dihargai 1 dan IT dihargai 1; tetapi bersama-sama, dalam hal ini 1 + 1 = 3.

Jika kita bertindak klinis di sini, kita dapat mengatakan bahwa 1 + 1 = 3 dan 1*1 = 3, maksudnya bukan hanya penambahan dua bidang, itu adalah faktor perkalian yang dicapai melalui integrasi cerdas dari dua dunia yang memungkinkan kita untuk menembakkan peluncur roket dan mencapai orbit yang baru serta lebih luas.