Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Mengubah Berkas Word ke Berkas PDF dan Sebaliknya

By Cakrawala, Senin, 8 Februari 2021 | 17:00 WIB

Ilustrasi Word ke PDF dan sebaliknya.

Dua di antara format berkas atau file format yang populer digunakan di dunia adalah DOC/DOCX dan PDF. DOC merupakan format berkas default yang digunakan Microsoft Word sampai sebelum versi 2007, sedangkan DOCX setelahnya. DOCX sendiri lebih terbuka dibandingkan DOC dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan berbagai aplikasi lain. Sementara, PDF dikembangkan oleh Adobe dan telah menjadi standar terbuka pada 2008. Namun, beberapa fitur tertentunya tidak mesti didukung oleh suatu aplikasi yang bisa melihat maupun membuat dan menyunting berkas PDF.

Nah, ada kalanya Anda memiliki berkas DOC/DOCX yang ingin diubah atau dikonversi menjadi berkas PDF maupun sebaliknya. Bila kebetulan sistem yang digunakan tidak memiliki aplikasi yang memungkinkan pengubahan dari berkas Word ke berkas PDF dan sebaliknya tersebut, Anda bisa melakukannya dengan mudah, baik secara daring pada situs tertentu maupun mengunduh aplikasi ringkas yang sesuai.

Anda misalnya bisa mengunjungi situs Smallpdf maupun situs Adobe dan melakukan pengubahan di sana, atau mengunduh PDF to Word Converter dan melakukan pengubahan dengannya. Situs dan aplikasi yang InfoKomputer contohkan tersebut bisa digunakan secara gratis, tetapi setidaknya sebagian memiliki keterbatasan seperti jumlah pengubahan yang diperbolehkan. Berikut ini InfoKomputer tampilkan cara mudah penggunaannya.

Smallpdf

Terdapat berbagai perkakas sehubungan PDF pada Smallpdf. Dua di antaranya adalah Word to PDF dan PDF to Word Converter yang bisa digunakan untuk pengubahan berkas DOC/DOCX ke berkas PDF dan pengubahan berkas PDF ke berkas DOCX. Inilah langkah penggunaannya.

1. Masuk ke laman https://smallpdf.com/word-to-pdf untuk memanfaatkan Word to PDF secara daring mengubah berkas DOC/DOCX menjadi berkas PDF, atau masuk ke laman https://smallpdf.com/pdf-to-word untuk memanfaatkan PDF to Word Converter secara daring mengubah berkas PDF menjadi berkas DOCX.

Langkah selanjutnya menggunakan Word to PDF dan PDF to Word Converter adalah serupa. Oleh karena itu, meski langkah 2 sampai 4 adalah untuk Word to PDF, langkah serupa juga berlaku untuk PDF to Word Converter.

2. Setelah berada di laman tersebut, klik [CHOOSE FILES] dan pada jendela yang muncul bergeserlah ke folder tempat berkas Word yang ingin diubah berada.

Kemudian pilih berkas DOC/DOCX bersangkutan dan klik [Open].

Anda juga bisa mengeklik tanda panah ke bawah di sebelah CHOOSE FILES untuk memilih tempat penyimpanan selain komputer yang digunakan.

3. Setelah berkas Word tersebut selesai diunggah, pilih pengubahan yang diinginkan.

Pada versi gratis, Anda hanya bisa memilih yang Basic. Kecuali Anda memiliki akun berbayar atau sejenisnya, klik [Convert to Basic PDF], lalu klik [CHOOSE OPTION] untuk memulai pengubahan.

4. Setelah pengubahan selesai, Anda bisa mengunduh berkas PDF hasil pengubahan berkas DOC/DOCX. Untuk melakukannya, klik [DOWNLOAD].

Pada jendela yang hadir pilih [Save File] > [OK] untuk menyimpannya di folder pengunduhan default komputer yang digunakan.

Anda juga bisa mengeklik tanda panah ke bawah di sebelah DOWNLOAD untuk memilih tempat penyimpanan selain komputer yang digunakan.