Find Us On Social Media :

Review Lenovo Yoga Duet 7i (13IML05): Pertama dengan Kibor Bluetooth

By Dayu Akbar, Sabtu, 27 Februari 2021 | 20:00 WIB

Lenovo Yoga Duet 7i.

Bagi yang mencari alternatif yang ringkas, tipis, dan memiliki dua fungsi dari laptop, Lenovo menghadirkan seri Yoga Duet 7i. Perangkat ini merupakan 2 in 1 atau laptop detachable yang kadang disebut pula hibrida. Istilah tersebut merujuk pada fungsinya yang bisa diubah menjadi menyerupai laptop maupun komputer tablet.

Dari sisi desain, Yoga Duet 7i mengusung konsep detachable yang artinya layar dan kibornya bisa dilepas satu sama lain sehingga layarnya bisa difungsikan sebagai komputer tablet. Yoga Duet 7i menjadi seri Yoga pertama yang menggunakan konsep detachable. Hadir dalam dua pilihan prosesor dan memori utama, unit yang kami uji memiliki seri 13IML05 dan menggunakan prosesor quad core, tepatnya Intel Core i7-10510U, dan memori utama DDR4 berkapasitas 16 GB.

Pada sisi kiri layar terdapat dua porta USB Type-C yang mendukung power delivery dan DisplayPort, jack audio, serta slot kartu SD. Pada sisi satunya terdapat porta USB Type-C, tombol power, dan tombol volume.

Saat dilepas atau dipisah, layarnya berfungsi secara mandiri sebagai komputer tablet. Dengan ukuran 13,3 inci, layarnya masih cukup nyaman dipegang dengan satu tangan. Ini karena dimensinya yang ringkas dan bobotnya ringan. Dengan bobot 800 gram, Anda masih cukup nyaman memegang layar ini di tangan kiri dan memegang stylus di tangan kanan untuk menggambar. Selain dipegang, layarnya juga bisa diposisikan berdiri karena bagian belakangnya terdapat kick stand sebagai penyangga. Terbuat dari bahan logam, kick stand itu bisa diatur kemiringannya sampai posisi layarnya cukup rendah.

Layar sentuhnya menggunakan panel IPS dengan resolusi 2K atau 2.160 x 1.350 piksel dan diklaim memiliki color gamut sebesar 100% sRGB. Spesifikasi ini memang dirancang agar cocok bagi kebutuhan para ilustrator atau komikus digital yang mengutamakan warna.

Secara fisik, desain, maupun fasilitasnya, Lenovo Yoga Duet 7i sama dengan laptop kebanyakan; seperti hadirnya touchpad, tombol chiclet, maupun dukungan backlight warna putih.