Find Us On Social Media :

Waktu Renaisans PC adalah Sekarang

By Cakrawala, Sabtu, 27 Februari 2021 | 21:10 WIB

Ilustrasi penggunaan PC.

Penulis: Sam Burd (President, Dell Client Solutions Group)

 

Sekitar tahun 2000, istilah “tablet PC” pertama kali digunakan. Sepuluh tahun kemudian, tahun 2010, kita melihat tajuk pertama “PC Resmi Mati Hari Ini” dan mulailah debat yang telah berlangsung hampir satu dekade; sebagian besar pakar teknologi yakin bahwa PC akan punah pada tahun 2020.

Maju ke hari ini dan narasinya telah berubah. Pengiriman PC global mencatat pertumbuhan tahunan 25,7% per triwulan IV tahun 2020 dengan 91,3 juta unit, sedangkan pengiriman smartphone kembali ke posisi normal dengan pertumbuhan tahunan 1,1% pada triwulan yang sama. PC selama ini telah membantu kita terhubung, berkolaborasi, dan berkomunikasi, tetapi tahun 2020 membuktikan nilai tambah PC dalam hidup kita, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini adalah opini populer, yang rasanya hampir semua orang akan setuju. Namun, saya akan melangkah lebih jauh: kita sedang menyaksikan era renaisans PC. Bukan sekadar kebangkitan, karena “kebangkitan” hanya menyiratkan periode dari suatu aktivitas kecil, berbeda dengan era renaisans. Ini adalah cara berpikir yang sama sekali baru.

Dell telah merancang PC yang inovatif untuk membantu Anda “bekerja dari mana saja” selama bertahun-tahun. Namun, kami mendapatkan kesempatan langka untuk mundur sejenak, lalu memikirkan kembali, dan menggunakan waktu yang ada sebagai katalisator untuk perubahan yang positif dan inovatif.

TI Tidak Menyentuh PC

Prestasi yang ditunjukkan berbagai tim TI pada tahun 2020 sangatlah luar biasa. Berbagai inisiatif transformasi digital yang sebelumnya memakan waktu bertahun-tahun berhasil dilakukan hanya dalam hitungan hari.

Dell selalu mengutamakan kebutuhan anggota tim kami. Berbagai dukungan selalu siap di setiap tahap perjalanan perusahaan untuk menyiapkan tenaga kerja digital yang produktif dan saling terhubung. Dengan solusi seperti Unified Workspace, perusahaan menghadirkan pengalaman PC siap kerja bagi karyawan, di mana pun lokasi mereka berada. Pendekatan ini melindungi perusahaan dari risiko keamanan, meringankan, dan mengautomasi beban kerja, menyediakan opsi pengelolaan dari dikelola sendiri menjadi dikelola untuk Anda, serta memastikan dukungan selalu siap untuk berbagai hal tidak terduga.

Namun, bagaimana pendekatan tersebut mengubah fase renaisans kami? Coba bayangkan sebuah komputer yang bisa memperbaiki dirinya sendirinya untuk memastikan Anda tetap bisa lancar bekerja. Bandingkan dengan menggunakan komputer yang harus tergantung pada bantuan tim TI untuk setiap masalah yang terjadi. Bayangkan bagaimana kombinasi AI (artificial intelligence), analitik, cloud, dan konektivitas yang lebih baik bisa membuat pengelolaan PC jarak jauh semudah menekan satu tombol. Bayangkan pula bagaimana pemeliharaan prediktif berarti berbagai masalah yang mungkin terjadi pada sebuah PC bisa diperbaiki secara otomatis, bahkan sebelum masalah tersebut mewujud.

Bayangkan masa depan di mana tim TI tidak perlu lagi menyentuh sebuah PC secara fisik? Itulah masa depan baru yang bisa menguntungkan kita semua.

Dengan AI, PC Bukan Lagi Personal Computer Melainkan Personal Companion

Dengan tuntutan yang terus meningkat, kita perlu PC yang bisa melakukan lebih dari sekadar untuk bekerja. PC yang lebih cerdas, sadar diri (self-aware), dan sadar pengguna (user aware). Dell baru saja memperkenalkan Dell Optimizer, perangkat lunak berbasis AI yang khusus dirancang untuk belajar dan beradaptasi dengan cara Anda bekerja, serta bisa membuka aplikasi dengan lebih cepat, memperpanjang daya tahan baterai, dan menyederhanakan cara pengguna mengakses dan mengamankan PC mereka dengan aman.

Berbagai kemampuan AI pada masa depan akan memberikan dampak positif dengan berbagai cara yang belum bisa kita bayangkan saat ini. AI akan membuat penggunaan PC lebih lancar, personal, dan bebas repot. Sejumlah tantangan teknologi umum akan hilang dengan AI, seperti menghubungkan PC ke jaringan lokal atau melakukan instalasi printer. Bayangkan konektivitas di mana saja dan pengalaman melakukan berbagai hal dari semua perangkat Anda. Anda misalnya bisa dengan mudah melanjutkan bagian terakhir dari tugas yang sempat Anda tinggalkan. Bayangkan jika Anda memiliki asisten AI pribadi pada PC Anda yang bisa membantu mengelola pekerjaan dan rumah Anda. Membuat janji temu atau membuat rekomendasi berdasarkan data kontekstual akan menjadi tugas mudah yang diselesaikan untuk Anda. Bayangkan sebuah PC yang bisa menjadi asisten terpercaya dan bisa Anda andalkan; atau sebagai teman pribadi, sembari Anda bekerja dan bermain dari mana saja.

Lebih dari Sekadar Form Factor: Kolaborasi dan Konektivitas menjadi Faktor Utama

Selama bertahun-tahun, industri PC fokus pada strategi menawarkan perangkat sekecil dan seringan mungkin. Di Dell, kami telah menyeimbangkan permintaan antara form factor yang ringkas dengan kenyamanan bisa mengakses berbagai macam porta, daya tahan baterai yang lama, dan pilihan konektivitas yang dibutuhkan pekerja jarak jauh. Tema “bekerja dari mana saja” tidak akan berubah (dari sisi kolaborasi dan konektivitas), tetapi cara mewujudkannya akan berubah.

Makin cerdas PC Anda, PC itu akan makin memahami kapan Anda ingin dilihat dan kapan tidak. Jika Anda berpartisipasi dalam sebuah konferensi video, tetapi perhatian Anda teralihkan — baik karena panggilan telepon, atau teman kantor/pasangan/anak/anjing Anda membutuhkan bantuan Anda, PC Anda bisa mematikan kamera sampai Anda memutuskan untuk kembali tampil secara visual.