Find Us On Social Media :

Mau Beli Produk Investasi Secara Online? Ketahui Dulu Profil Resiko Anda

By Rafki Fachrizal, Kamis, 25 Maret 2021 | 12:30 WIB

Ilustrasi Investasi Secara Online

Zaman sekarang, kegiatan berinvestasi sudah dapat dilakukan dengan mudah berkat adanya perkembangan teknologi.

Mulai dari investasi emas, reksadana, saham, P2P lending, hingga investasi yang saat ini tengah booming yaitu aset kripto, dapat dilakukan secara online melalui perangkat smartphone atau PC/laptop.

Apalagi, kini juga semakin banyak aplikasi investasi dan platform super apps yang menghadirkan fitur investasi yang bertujuan untuk mendorong minat investasi masyarakat di Indonesia.

Beberapa aplikasi investasi yang sudah populer sebut saja seperti Bareksa, Ajaib, Bibit, Koinworks, Asetku, Tokocrypto, dan masih banyak lagi.

Dengan semakin mudahnya melakukan investasi, tentunya bukan alasan lagi jika kegiatan ini tidak Anda mulai rajin lakukan.

Pasalnya, investasi dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Tidak hanya itu, berinvestasi sedini mungkin juga melindungi nilai aset dari inflasi yang menyebabkan turunnya daya beli uang yang dimiliki.

Intinya, semakin dini melakukan investasi, semakin siap pula Anda menghadapi tantangan dan risiko-risiko yang mungkin muncul di masa yang akan datang.

Baca Juga: Mau Investasi Bitcoin? Coba Pakai Empat Aplikasi Ini Saja

Pilihlah Investasi Sesuai Profil Resiko

Ketika siap untuk melakukan investasi, tentunya Anda harus menentukan produk investasi apa saja yang ingin dipilih. Tapi sebelum itu, Anda juga harus mengenali profil resiko dari diri Anda.

Profil risiko menggambarkan tingkat toleransinya terhadap risiko, atau sejauh mana seseorang dapat menanggung risiko dari sebuah produk investasi.

Profil risiko ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor usia, lingkungan, dan pemahaman mengenai investasi.

Secara umum, ada tiga jenis investor berdasarkan profil risiko yang di antaranya: