Find Us On Social Media :

Inilah Beberapa Hal Menarik di Balik Popularitas Gim Hiperkasual

By Cakrawala, Selasa, 6 April 2021 | 23:50 WIB

Ilustrasi bermain gim hiperkasual.

Penulis: April Tayson (Regional VP, INSEA, Adjust)

 

Semua orang yang memperhatikan ekosistem pemasaran seluler kemungkinan besar turut menyaksikan pertumbuhan gim hiperkasual. Gim hiperkasual mudah dimainkan, memiliki antarmuka pengguna yang simpel, dan mudah diunduh secara gratis. Pasar gim di Asia Tenggara memiliki banyak peluang pertumbuhan dengan peningkatan infrastruktur internet, bertambahnya pemain gim mobile, dan persaingan yang terbuka. Menurut laporan Research and Markets, jumlah pemain gim mobile daring di Asia Tenggara akan mencapai 205 juta pada akhir tahun 2021. Enam negara utama untuk gim seluler terletak di kawasan ini seiring dengan meningkatnya popularitas industri gim di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Filipina.

Para pembuat aplikasi melaporkan bahwa jumlah unduhan aplikasi gim meningkat secara signifikan di seluruh dunia. Data dari Laporan Gim Hiperkasual Adjust yang terbaru menunjukkan bahwa pada Q4 2019 - Q1 2020, jumlah installs per mille (IPM) lintas kawasan telah meningkat secara signifikan. Dengan arahan untuk berdiam di rumah dan waktu luang, instalasi aplikasi telah meningkat menjadi lebih dari dua kali lipat sejak Desember 2019 sampai Maret 2020; jumlah sesi aplikasi hiperkasual meningkat sebesar 72%. Gim hiperkasual telah berhasil mempertahankan popularitas dan kini memiliki pendapatan tahunan yang berkisar antara US$2 - US$2,5 miliar. Angka ini secara jelas menunjukkan bahwa permintaan akan gim hiperkasual tergolong tinggi dan kategori ini sangat sukses.

Memahami Gim Hiperkasual

Timeline pengembangan produk yang singkat dalam kategori gim hiperkasual mendukung keputusan berbasis data untuk pemasaran digital. Para pembuat aplikasi dapat membuat gim dalam waktu yang lebih singkat karena biaya pembuatan gim makin terjangkau. Selain itu, para pembuat aplikasi dapat secara langsung mengakses gim yang memiliki kinerja baik dan secara cerdas mengalokasikan anggaran untuk memaksimalkan jumlah pengguna yang memakai aplikasi dengan biaya per instalasi paling rendah. Setelah pengguna memakai aplikasi tersebut, pembuat aplikasi akan menayangkan sebanyak mungkin iklan agar klien dapat memaksimalkan imbal hasil investasi alias return of investment (ROI).

Memaksimalkan Investasi

Gim hiperkasual telah menjadikan pemasaran aplikasi dan automasi sebagai faktor pendorong di balik pertumbuhan pesat genre ini. Untuk gim hiperkasual, dilema pemasar tentang hal-hal yang berjalan dengan baik dan tidak bekerja dengan baik, dapat terjawab secara langsung. Pemasar dapat meningkatkan ROI dari gim hiperkasual melalui pembelian dalam aplikasi dan monetisasi iklan.