Penulis: April Tayson (Regional VP, INSEA, Adjust)
Semua orang yang memperhatikan ekosistem pemasaran seluler kemungkinan besar turut menyaksikan pertumbuhan gim hiperkasual. Gim hiperkasual mudah dimainkan, memiliki antarmuka pengguna yang simpel, dan mudah diunduh secara gratis. Pasar gim di Asia Tenggara memiliki banyak peluang pertumbuhan dengan peningkatan infrastruktur internet, bertambahnya pemain gim mobile, dan persaingan yang terbuka. Menurut laporan Research and Markets, jumlah pemain gim mobile daring di Asia Tenggara akan mencapai 205 juta pada akhir tahun 2021. Enam negara utama untuk gim seluler terletak di kawasan ini seiring dengan meningkatnya popularitas industri gim di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Filipina.
Para pembuat aplikasi melaporkan bahwa jumlah unduhan aplikasi gim meningkat secara signifikan di seluruh dunia. Data dari Laporan Gim Hiperkasual Adjust yang terbaru menunjukkan bahwa pada Q4 2019 - Q1 2020, jumlah installs per mille (IPM) lintas kawasan telah meningkat secara signifikan. Dengan arahan untuk berdiam di rumah dan waktu luang, instalasi aplikasi telah meningkat menjadi lebih dari dua kali lipat sejak Desember 2019 sampai Maret 2020; jumlah sesi aplikasi hiperkasual meningkat sebesar 72%. Gim hiperkasual telah berhasil mempertahankan popularitas dan kini memiliki pendapatan tahunan yang berkisar antara US$2 - US$2,5 miliar. Angka ini secara jelas menunjukkan bahwa permintaan akan gim hiperkasual tergolong tinggi dan kategori ini sangat sukses.
Memahami Gim Hiperkasual
Timeline pengembangan produk yang singkat dalam kategori gim hiperkasual mendukung keputusan berbasis data untuk pemasaran digital. Para pembuat aplikasi dapat membuat gim dalam waktu yang lebih singkat karena biaya pembuatan gim makin terjangkau. Selain itu, para pembuat aplikasi dapat secara langsung mengakses gim yang memiliki kinerja baik dan secara cerdas mengalokasikan anggaran untuk memaksimalkan jumlah pengguna yang memakai aplikasi dengan biaya per instalasi paling rendah. Setelah pengguna memakai aplikasi tersebut, pembuat aplikasi akan menayangkan sebanyak mungkin iklan agar klien dapat memaksimalkan imbal hasil investasi alias return of investment (ROI).
Memaksimalkan Investasi
Gim hiperkasual telah menjadikan pemasaran aplikasi dan automasi sebagai faktor pendorong di balik pertumbuhan pesat genre ini. Untuk gim hiperkasual, dilema pemasar tentang hal-hal yang berjalan dengan baik dan tidak bekerja dengan baik, dapat terjawab secara langsung. Pemasar dapat meningkatkan ROI dari gim hiperkasual melalui pembelian dalam aplikasi dan monetisasi iklan.
Walaupun pembuat aplikasi dapat dengan mudah melacak pendapatan dari pembelian dalam aplikasi (yang terhubung langsung dengan profil pengguna), pelacakan pendapatan dari iklan dalam aplikasi mungkin akan menantang. Iklan dalam aplikasi membutuhkan berbagai model pengukuran seperti biaya per view, biaya per klik, biaya per seribu tayangan iklan, biaya per action, dan biaya per instalasi. Selain itu, kampanye berbayar dalam aplikasi juga membutuhkan berbagai jenis perkakas dan platform. Perkakas yang digunakan dalam kampanye web mungkin tidak dapat digunakan untuk iklan dalam aplikasi seluler.
Memastikan bahwa Langkah yang Diambil Sudah Benar
Salah satu aspek utama yang dapat membantu pemasar melacak ROI dari kampanye iklan dalam gim hiperkasual adalah menampilkan semua model monetisasi yang relevan di satu dashboard. Ini akan memudahkan pemasar dalam memantau kinerja kampanye. Pembuat gim dan pemasar dapat memanfaatkan teknologi dan solusi yang tersedia untuk melacak kinerja iklan dan kampanye. Tracker ini juga dapat menghubungkan aplikasi di mana kampanye tersebut dijalankan dan informasi tentang pengguna yang mengakses tautan tersebut. Cara ini akan membuat proses berjalan mulus dan memberikan gambaran lengkap tentang kinerja kampanye.
Pada platform media sosial, solusi ini dapat digunakan untuk mengumpulkan data real-time dari berbagai kanal seperti Facebook, Twitter, Google, dan Snapchat. Artinya, pengiklan dapat dengan mudah melacak kampanye lintas platform dengan cara yang terpadu tanpa perlu membuat tracker masing-masing. Dengan mengadopsi solusi yang tepat untuk memantau dan mengukur kinerja, pembuat gim dan pemasar dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang memadai dan meningkatkan laba atas belanja iklan.
Memanfaatkan Potensi Gim Hiperkasual
Mengingat popularitas gim hiperkasual di kalangan pemain gim, kategori aplikasi ini akan terus berkembang seiring dengan makin banyaknya gim dan aplikasi seluler yang diluncurkan. Akan tetapi, bagi banyak pembuat gim, keberhasilan mereka akan ditentukan oleh skalabilitas aplikasi dan investasi yang dapat diperoleh.
Storms mengadakan Storm the World Competition 2021 untuk memperluas jangkauan industri gim. Lomba yang pendaftarannya telah ditutup ini, memberi kesempatan bagi studio gim seluler independen dan pembuat gim dari seluruh dunia untuk menampilkan dan mempromosikan aplikasi mereka ke audiens yang lebih luas. Selain itu, tim pemenang akan mendapatkan peluang untuk memasarkan gim di seluruh dunia melalui kontrak eksklusif dengan Storm.
Dengan perkembangan ini, industri gim hiperkasual di Asia Tenggara siap berkembang dan melakukan akselerasi untuk menjadi media iklan yang efektif biaya dan kuat.