Find Us On Social Media :

Begini Cara Tokopedia Siapkan Sistem Penunjang WFH untuk Karyawannya

By Rafki Fachrizal, Kamis, 8 April 2021 | 13:45 WIB

Ilustrasi Kantor Tokopedia

Tak terasa, pandemi COVID-19 sudah tepat satu tahun melanda di Indonesia. Akibat dari pandemi ini, banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan WFH (Work from Home) alias bekerja dari rumah untuk para karyawannya.

Salah satu perusahaan yang mengambil kebijakan ini adalah Tokopedia. Menurut perusahaan yang identik dengan warna hijau tersebut, mengambil kebijakan WFH faktanya bukanlah hal yang mudah.

Selain membutuhkan persiapan yang matang guna mendukung kinerja Nakama (karyawan Tokopedia) dapat tetap maksimal, tim IT Tokopedia juga perlu memastikan bahwa Nakama dapat menggunakan sistem yang terintegrasi dan efektif.

Dalam acara START Summit Extension yang diadakan virtual pada 23 Maret 2021 lalu, Tokopedia Academy kembali mengajak para pegiat teknologi untuk berdiskusi bersama para ahli di bidangnya.

Kali ini, START Summit Extension menghadirkan dua tim teknologi Tokopedia yaitu Chrystiadi Harris, Head of Engineering Tokopedia dan Ade Putra, Software Engineering Lead Tokopedia.

Dengan mengangkat tema “Tokopedia’s Enterprise-Scale IT Management”, tim teknologi Tokopedia membagikan pengalaman dan praktik terbaik mereka tentang bagaimana teknologi dapat memungkinkan 5,000 Nakama untuk bekerja dari rumah selama lebih dari satu tahun, serta memfasilitasi Nakama dengan sistem yang menunjang kebutuhan mereka selama bekerja dari rumah.

Baca Juga: Hati-hati, Akun Netflix Palsu Berniat Membajak Whatsapp Anda

Persiapkan Kebutuhan VPN

Pada Maret 2020, kasus COVID-19 di Indonesia sudah mulai bertambah dan terdapat isu tentang kebijakan lockdown serta WFH.

Saat itu, tim IT enterprise Tokopedia mulai mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi, sehingga hal pertama yang dilakukan adalah memastikan seluruh Nakama memiliki akses VPN yang memadai.

Pada tahap tersebut, para tim IT mengadakan workshop di kantor Tokopedia dan Tokopedia Care untuk membantu Nakama dalam melakukan instalasi VPN dan memastikan bahwa setiap perangkat yang digunakan dapat tersambung VPN dengan baik, sehingga setiap proses development dan operasional dapat berjalan dengan lancar hingga saat ini.

Teknologi Mampu Jawab Tantangan WFH

Selain memastikan koneksi VPN, tim IT enterprise juga perlu mempersiapkan hal lainnya seperti memastikan produktivitas dan kesehatan Nakama, hingga bagaimana Tokopedia dapat tetap melaksanakan program kampanye.