Find Us On Social Media :

Pentingnya Strategi SEO untuk Pelaku Bisnis Tingkatkan Profit

By Rafki Fachrizal, Rabu, 14 April 2021 | 15:30 WIB

Ilustrasi SEO (Search Engine Optimization)

Untuk mendapatkan profit alias keuntungan yang maksimal, tentunya banyak strategi yang dilakukan pelaku bisnis dalam memasarkan produk atau layanan yang ditawarkannya.

Strategi itu biasanya dalam bentuk promosi baik melalui lisan, tulisan, banner, maupun di media sosial (melalui influencer misalnya).

Namun, bagi bisnis yang bersaing di era digital saat ini tentunya menerapkan strategi seperti itu saja tidaklah cukup.

Masih ada strategi lain yang bisa dilakukan pelaku bisnis untuk memikat hati konsumen, yaitu dengan menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization).

SEO ini sangat penting bagi bisnis untuk meraih pendapatan, khususnya konsumen yang berasal dari internet.

Lantas, apa itu SEO? SEO adalah teknik untuk meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung ke sebuah situs yang dikelola dan mengoptimalkan peringkatnya di halaman pencarian (seperti Google Search).

Dengan kata lain, SEO akan membantu sebuah situs bisnis agar dapat mudah ditemukan di halaman pencarian.

Berbeda dengan iklan berbayar, menerapkan SEO bisa dilakukan tanpa biaya atau organik yaitu dengan memperhatikan keyword (kata kunci), menyediakan konten yang menarik bagi konsumen, menulis deskripsi produk atau layanan yang ditawarkan yang lengkap, serta menyesuaikan minat atau kebutuhan konsumen yang sedang menjadi tren saat ini.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, SEO menciptakan hasil dari pencarian organik yang diperoleh tanpa memerlukan iklan berbayar.

Dengan biaya gratis, pencarian organik ini mampu mendatangkan lebih banyak jumlah pengunjung ke dalam sebuah situs.

Hasil pencarian organik ini contohnya ketika kita mengetikkan keyword seperti “Mouse Gaming” ke dalam kolom pencarian di Google Search.

Beberapa saat setelahnya, mesin pencari akan menampilkan berbagai macam konten dengan link (tautan) yang relevan dengan kata pencarian yang sedang dicari tersebut.

Jika hasil berupa konten dengan tautan link yang muncul tersebut diklik, maka itu sudah terhitung sebagai traffic dari hasil pencarian organik.

Baca Juga: Begini Cara Tokopedia Siapkan Sistem Penunjang WFH untuk Karyawannya

Nah, tujuan dari pelaku bisnis menguasai kemampuan dalam menggunakan SEO adalah agar bisa membuat produk atau layanan yang ditawarkannya muncul di halaman pencarian teratas agar mudah mendapat traffic yang berpotensi mendapatkan konsumen.

Lebih dari itu, hasil pencarian organik yang dihasilkan oleh SEO nyatanya sangat berdampak pada brand awareness (kesadaran merek) dari produk atau layanan yang pelaku bisnis miliki.

SEO juga terbukti dapat meningkatkan peluang produk atau layanan dilirik hingga 20 kali lipat lebih banyak dari konsumen yang merupakan pengguna smartphone atau PC/laptop.

Sehingga, tentu saja hal ini akan memberikan peluang yang lebih besar agar bisnis Anda dikenal oleh masyarakat luas.

Sebagai informasi, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai informasi seputar strategi SEO untuk situs bisnis, bisa mengikuti acara START Summit Extension yang digelar Tokopedia.

Di bulan April 2021 ini, START Summit Extension akan mengangkat topik “Tokopedia Front-End Journey: Strengthening SEO through Web Performance”.

Acara yang digelar secara virtual ini akan berlangsung pada Selasa (20 April 2021) pada pukul 16.00-17.00 WIB di platform Tokopedia Play.

Para pembicara yang akan hadir di antaranya Muhammad Rizqi Riandra (SEO Lead), Ryan Purnama Wijalaksana (Senior Software Engineer – Web Platform), Safira Anggraini (SEO Associate), dan Adjie Guntoro (Software Engineer – Web Platform)

Untuk pendaftarannya, dapat mengunjungi link berikut ini: academy.tokopedia.com/events/start-ext.

Baca Juga: Ini Daftar Situs Streaming Film Legal untuk Menunggu Berbuka Puasa