Find Us On Social Media :

Engineer Tokopedia Ungkap Cara Perusahaan dalam Mengoptimalkan SEO

By Rafki Fachrizal, Senin, 3 Mei 2021 | 14:15 WIB

Ilustrasi SEO (Search Engine Optimization)

Platform marketplace Tokopedia melalui Tokopedia Academy kembali menggelar acara konferensi dan diskusi virtual START Summit Extension pada 20 April lalu.

Mengangkat tema “Strengthening SEO Through Web Performance”, pada acara tersebut para engineer Tokopedia berbagi wawasan tentang bagaimana cara tim SEO dan Web Platform Tokopedia memungkinkan pengembangan SEO secara maksimal melalui optimalisasi performa suatu website.

Berdasarkan rangkuman dari acara tersebut, berikut adalah penjelasan mengenai bagaimana praktik terbaik dari tim teknologi Tokopedia dalam mengoptimalkan sistem terkait SEO.

Meningkatkan Page Experience untuk SEO yang Lebih Baik

Rizqi Riandra selaku SEO Lead Tokopedia dan Ryan Purnama W. selaku Senior Software Engineer Tokopedia membuka sesi pertama dengan pemaparan tentang bagaimana meningkatkan performa suatu halaman untuk dapat mengoptimalkan SEO yang lebih baik.

Untuk diketahui, SEO atau Search Engine Optimization merupakan proses yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website agar memiliki visibilitas yang lebih baik pada mesin pencari atau search engine. Saat ini, hampir semua search engine didominasi oleh Google.

Oleh karena itu, SEO di Indonesia sering dikaitkan dengan Google Search engine, sehingga dibutuhkan cara agar dapat mengoptimalkan pencarian pada Google Search engine.

SEO berperan penting terhadap sebuah bisnis, di antaranya adalah untuk membantu meningkatkan brand awareness kepada calon pembeli serta meningkatkan visibilitas brand pada pencarian search engine, sehingga brand tersebut dapat mudah ditemukan.

Saat ini, pengguna search engine pada Google di Indonesia hampir mencapai 98%. Hal ini menunjukkan betapa besarnya potensi pasar yang bisa diraih. SEO juga merupakan salah satu teknik pemasaran yang memiliki biaya tergolong rendah atau bisa disebut sebagai free traffic.

Lebih jauh, SEO juga bisa memberikan dampak terhadap tujuan dari suatu brand, misalnya untuk meningkatkan penjualan atau jumlah pengunjung.

Untuk mendapatkan performa SEO terbaik, terdapat satu bagian yang tidak boleh dilewatkan, yakni bagaimana pengguna berinteraksi pada halaman website.

Pada tahap ini, terdapat dua hal yang krusial. Hal pertama adalah Content Experience, atau bagaimana kualitas suatu konten dan relevansinya terhadap pengguna, serta yang kedua adalah Page Experience, atau sebuah kualitas suatu website di mana halaman tersebut dapat memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna.

Page Experience merupakan bagian terpenting. Selain dapat menghasilkan engagement yang tinggi terhadap pengguna, hal ini juga dapat meningkatkan conversion rates, karena Page Experience merupakan sebuah set sinyal yang dapat mengukur bagaimana pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan suatu website.