Find Us On Social Media :

Microsoft Perkenalkan Fitur Baru untuk Bantu Pendidik Mentransformasi Pengalaman Belajar

By Rafki Fachrizal, Minggu, 9 Mei 2021 | 09:45 WIB

Ilustrasi Belajar Online

Microsoft memperkenalkan fitur-fitur baru dan melakukan pembaruan solusi teknologi untuk mendukung pendidik menciptakan lingkungan belajar secara holistik.

Fitur dan pembaruan ini diharapkan dapat membantu memajukan pendidikan di lima area utama: siswa sebagai pusat kegiatan belajar mengajar, fokus pada keterampilan, pembelajaran sosial, keselamatan, serta keamanan dan skalabilitas.

Fitur-fitur baru ini terdiri dari Reading Progress (Kemajuan Membaca), Group Assignment (Tugas Grup), Minecraft: Education Edition (Edisi Pendidikan) di luar kelas, dan Reflect, dapat membantu guru menemukan cara baru untuk melibatkan siswa dari jarak jauh.

“Pada awal pandemi, teknologi kerap berfungsi sebagai jalur penghubung yang sangat dibutuhkan siswa, guru, dan orang tua karena memungkinkan pembelajaran jarak jauh dan hybrid. Seiring berjalannya waktu, banyak pendidik mengubah cara mengajar dan pengembangan profesional mereka, dengan teknologi sering kali menjadi komponen penting yang memungkinkan perubahan itu,” Larry Nelson, Regional General Manager, Education, Microsoft Asia.

“Inovasi akan terus mengubah pengalaman belajar dan membantu mempersiapkan siswa menghadapi masa depan mereka - kami merasa terhormat dapat bermitra dengan pendidik dan sekolah di seluruh Asia dalam misi kami untuk membantu setiap siswa di planet ini mencapai lebih banyak hal,” tambah Larry.

Baca Juga: Ericsson Umumkan Radio 6626 yang Bisa Meningkatkan Kapasitas 5G

Memungkinkan siswa belajar lebih mandiri dengan Reading Progress

Sebuah studi menunjukkan bahwa keterampilan membaca sejumlah siswa menurun karena pandemi.

Oleh karena itu, Microsoft memperkenalkan Reading Progress, fitur di Microsoft Teams for Education yang dirancang untuk mendukung siswa dalam mempelajari bahasa baru, atau membantu pengajar dalam mencoba meningkatkan pemahaman umum siswa.

Dengan Reading Progress, pendidik dapat:

Fitur ini akan mulai tersedia dalam beberapa bulan mendatang, Reading Progress dapat digunakan secara gratis oleh semua siswa dan guru yang menggunakan Microsoft Teams for Education.

Mendukung kesehatan emosional siswa

Kesehatan emosional adalah kunci keberhasilan siswa. Studi menunjukkan bahwa pendekatan pengajaran yang dapat mendukung kesehatan emosional siswa banyak diminati, tetapi solusi yang dapat mendukung pendekatan tersebut masih sedikit.