Ingin mulai berbisnis online atau mengembangkan bisnis offline agar bisa menjangkau pelanggan lebih luas? Jika iya, berjualan online di platform seperti Shopee tentu bisa menjadi pilihan
Pasalnya, Shopee kini menjadi platform marketplace dengan pengguna aktif terbanyak di Indonesia. Jika berdasarkan laporan iPrice di Q4-2020, Shopee berada pada peringkat pertama peta e-commerce di tanah air di mana memiliki pengunjung website bulanan sebanyak 129,320,800.
Karena itu, tentunya dengan berjualan di Shopee Anda memiliki kesempatan untuk menjangkau banyak pembeli yang merupakan pengguna aktif di platform marketplace tersebut.
Untuk Anda yang ingin berjualan atau menjadi Seller di Shopee, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan. Selengkapnya, simak informasi yang sudah InfoKomputer rangkum berikut ini.
1. Daftar Akun Shopee
- Buka situs Shopee (untuk pengguna desktop/laptop) atau aplikasi Shopee (untuk pengguna smartphone);
- Buat akun baru dengan klik ‘Daftar’, dan lakukan verifikasi nomor handphone dan email;
- Kemudian ubah username Shopee Anda, jika perlu dilakukan.
2. Lengkapi Profil Toko
Setelah memiliki akun di Shopee, langkah selanjutnya yakni melengkapi profil toko. Berikut caranya:
- Via Seller Center: Buka Seller Centre, pilih ‘Profil Toko’ > kemudian lengkapi ‘Nama Toko’ > ‘Deskripsi Gambar’ > ‘Deskripsi’ setelah itu klik ‘Simpan’.
- Via Aplikasi Shopee: Buka Aplikasi Shopee di handphone Anda, pilih ‘Saya’ lalu ‘Toko Saya’. Pilih ‘Asisten Penjual’ > ‘Profil Toko’ > kemudian lengkapi ‘Nama Toko’ > ‘Deskripsi Gambar’ > ‘Deskripsi’ setelah itu klik ikon ‘Centang’ di pojok kanan atas menu.
3. Tentukan Jasa Kirim
Tahap selanjutnya, pilih jasa kirim yang ingin Anda gunakan ketika ingin mengirim produk yang toko Anda jual ke pembeli.
Saat ini, pilihan jasa kirim yang bisa dipilih adalah JNE (YES, REG dan OKE), J&T Express, Pos Indonesia, Grab (same day), dan GoSend (same day).
Sebagai informasi, setiap mengaktifkan jasa kirim baru di level toko, jangan lupa untuk mengaktifkan juga di level produk.
Berikut cara Memilih jasa kirim level toko:
- Via Seller Center: Pergi ke Seller Centre, dan pilih ‘Jasa Kirim Saya’. Setelah itu, pilih Jasa Kirim yang ingin diaktifkan atau dinonaktifkan.
- Via Aplikasi Shopee: Buka Aplikasi Shopee di handphone Anda, pilih ‘Saya’ lalu ‘Toko Saya’. Kemudian, pilih ‘Jasa Kirim Saya’ untuk memilih jasa kirim yang ingin diaktifkan atau dinonaktifkan pada level toko.
Cara Memilih jasa kirim level produk: