Find Us On Social Media :

5 Wawasan yang Harus Dimiliki Founder Early-Stage Startup dalam Mencapai Product-Market Fit

By Rafki Fachrizal, Kamis, 20 Mei 2021 | 12:00 WIB

Ilustrasi Startup

Dalam membangun startup (perusahaan rintisan), mencapai pertumbuhan bisnis yang cepat dan segera menghasilkan pendapatan dengan biaya seminim mungkin merupakan idaman setiap founder.

Hanya saja, banyak startup yang akhirnya gagal akibat kesalahan dalam melakukan penskalaan bisnisnya.

Menurut studi yang dirilis oleh Startup Genome Report, sekitar 70 persen startup digital gagal akibat penskalaan bisnis yang prematur.

Salah satu faktornya adalah karena produk yang belum siap dan tidak benar-benar menjawab kebutuhan konsumen.

Ini lah mengapa startup, terutama di tahap early-stage, perlu untuk melakukan iterasi produk hingga mencapai tahapan product-market fit.

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah apa yang harus dilakukan founder untuk dapat mencapai tahapan product-market fit dan bagaimana mengetahui bilamana produknya telah mencapai tahapan tersebu?

Berikut di bawah ini wawasan yang dirangkum oleh Startup Studio Indonesia yang dapat menjadi tips bagi para founder startup:

1. Jadilah founder yang berorientasi pada produk

Tidak dapat dipungkiri bahwa startup identik dengan teknologi dan internet. Namun jangan sampai salah kaprah sehingga pengembangan produk terpusat pada pengembangan teknologinya saja.

Prinsip utama yang harus selalu diingat oleh para founder adalah apakah produk yang diciptakan dapat menjawab permasalahan yang ada di masyarakat, dan seberapa signifikan dampak produk tersebut dalam membangun sebuah budaya baru yang lebih baik bagi masyarakat.

Untuk dapat mencapai tahapan product-market fit, founder startup harus berorientasi pada konsumen dalam melakukan iterasi penyempurnaan produknya.

Kesalahan yang sering terjadi, founder bersikeras membuat produk yang menurut mereka terbaik bagi konsumennya tanpa bertanya kepada konsumen apa masalah sebenarnya dan apa yang mereka butuhkan.

2. Founder Sebagai Pengarah Visi & Pembuat Keputusan