Find Us On Social Media :

MediaTek. Intel, HP, dan China Mobile Berkolaborasi Hadirkan PC 5G

By Cakrawala, Senin, 24 Mei 2021 | 19:00 WIB

MediaTek. Intel, HP, dan China Mobile berkolaborasi hadirkan PC 5G di Cina.

 

MediaTek baru-baru ini mengumumkan kolaborasinya dengan Intel, HP, dan China Mobile untuk menghadirkan PC yang dilengkapi koneksi 5G di Cina. Sebelumnya, seperti yang InfoKomputer beritakan di sini, MediaTek telah menyampaikan keberhasilannya dalam melaksanakan panggilan 5G yang standalone alias berdiri sendiri tanpa "bantuan" 4G untuk modem yang ditujukan bagi PC yang menggunakan prosesor Intel seperti halnya laptop dan 2 in 1. MediaTek memang sudah beberapa saat bekerja sama dengan Intel dalam menghadirkan modem 5G untuk PC yang menggunakan prosesor Intel di dunia. Sementara, HP akan menghadirkan laptop dengan kemampuan 5G dan China Mobile tentunya yang memiliki jaringan 5G di sana.

Pandemi COVID-19 telah mengubah cara banyak anggota masyarakat beraktivitas. Pandemi COVID-19 misalnya telah membuat banyak karyawan bekerja dari rumah maupun banyak pelajar belajar dari rumah. Perubahan ini membuat kebutuhan dan permintaan akan PC meningkat, seperti yang InfoKomputer beritakan di sini. Selain itu, setelah pandemi COVID-19 nanti selesai pun, banyak karyawan yang menyatakan siap untuk terus bekerja dari rumah. Di Indonesia misalnya, seperti yang tertulis pada artikel ini, 81% pekerja di Indonesia merasa siap untuk bekerja jarak jauh dalam jangka panjang.

Setelah pandemi COVID-19, bekerja dari rumah sewajarnya berubah menjadi bekerja dari mana saja berhubung pembatasan sosial seharusnya tidak berlaku lagi. Nah, bekerja dari mana saja tentu membutuhkan koneksi "dari mana saja" juga, seperti koneksi seluler. MediaTek, Intel, HP, dan China Mobile meyakini 5G connected modern PC akan memainkan peran yang lebih signifikan dari sebelumnya dalam inovasi cara kerja maupun pembelajaran daring. Meski khusus di Cina, kerja sama tersebut bisa saja menginspirasi kolaborasi serupa di belahan dunia lain, termasuk Indonesia.

“Modem 5G kami yang dirancang khusus untuk PC connected adalah gerbang 5G baru bagi platform PC terdepan Intel. Kemampuan ini merupakan bagian integral untuk menjadikan 5G mudah diakses dan tersedia di seluruh platform rumah dan ponsel,” kata Joe Chen (Presiden MediaTek). “5G akan membawa ke pengalaman PC era berikutnya, dan bekerja dengan Intel, pemimpin industri dalam komputasi, menyoroti keahlian MediaTek dalam merancang teknologi 5G untuk pasar global. Dengan kemitraan ini, konsumen akan dapat melakukan browsing, streaming, dan bermain game lebih cepat di PC mereka, tetapi kami juga mengharapkan mereka untuk berinovasi dengan 5G dengan cara yang belum kami bayangkan.” sebutnya lagi.

“Intel berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman PC connected terbaik dan modern, juga kami harap dapat bekerja sama lebih erat bersama China Mobile, HP, dan MediaTek untuk menghadirkan PC berkemampuan 5G. Bersama-sama, kami akan membantu menghadirkan PC berperforma tinggi dan pengoptimalan kemudahan koneksi seluler bagi lebih banyak orang, sehingga mereka dapat mencapai hasil yang terbaik dari mana saja,” ujar Chris Walker (Corporate Vice President dan General Manager, Mobile Computing Group, Intel Corporation).

“Luasnya penerapan 5G akan memberikan pengalaman yang belum pernah ada sebelumnya untuk kemudahan beraktivitas seperti kebutuhan hiburan dan pekerjaan, serta memberikan dampak yang luas pada rantai nilai industri,” ucap Fan Zijun (Vice President of China HP dan General Manager of China Consumer Products Division). “Sebuah kehormatan bagi kami bisa bekerja sama bersama China Mobile, Intel dan MediaTek, dalam perjalanan eksplorasi 5G ini. Dengan fokus kemajuan tanpa henti yang terus dilakukan HP untuk inovasi PC bagi para pelanggan, serta gabungan platform dan kecanggihan teknologi dari masing-masing mitra, kami akan dapat membangun ekosistem yang dinamis yang memberikan pengalaman dan cakupan penggunaan baru bagi konsumen dan industri Cina.”

“Sejak komersialisasi 5G, para konsumen dengan cepat beralih dari penggunaan perangkat 4G ke penggunaan perangkat 5G karena kuatnya ledakan popularitas 5G,” kata Wang Hengjiang (Deputy General Manager China Mobile Group Device Co., Ltd). “Kemudian menjadi sangat penting untuk terus mengakselerasi inovasi produk dan membuat terobosan lebih lanjut di industri 5G pada tahap ini. PC yang terhubung dengan 5G akan memungkinkan pengguna terhubung dengan jaringan 5G untuk keperluan bekerja, belajar, dan menikmati hiburan dengan kecepatan super tinggi dan konektivitas tanpa batas. Kami berharap dapat memperkuat kolaborasi dengan mitra industri kami untuk menghadirkan lebih banyak produk 5G dari berbagai bentuk layanan dan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik,” imbuhnya.