Find Us On Social Media :

Review Razer Kiyo Pro: Webcam Premium dengan Adaptive Light Sensor

By Dayu Akbar, Senin, 31 Mei 2021 | 23:50 WIB

Razer Kiyo Pro.

Razer yang dikenal sebagai produsen aksesori gaming untuk PC, meluncurkan webcam Kiyo Pro. Menyasar kelas premium, webcam ini ditujukan tidak hanya bagi para pemain gim, melainkan juga bagi pengguna dengan gaya hidup masa kini, mulai dari video streaming sampai video conference.

Kesan premium langsung terasa saat kami memegang webcam tersebut. Webcam ini punya desain mirip dengan lensa kamera mirrorless berbentuk bulat yang cukup besar. Bobotnya yang sekitar 245 gram tergolong berat untuk webcam. Namun, itu justru membuatnya terasa kokoh dan mantap. Sementara, material yang digunakan pada sekitar bulatan lensanya menggunakan polycarbonate.

Penyangga yang disebut dengan Flexible Mounting Option ini bisa digunakan pada berbagai posisi, seperti berdiri, dipasang pada tripod, atau dijepitkan di sisi atas layar monitor.

 

Bagian belakangnya terdapat porta USB Type-C guna menghubungkannya ke perangkat desktop maupun laptop. Razer juga menyertakan satu kabel USB Type-C to Standard-A dengan panjang 1,5 meter. Kabel ini bisa digunakan pada porta USB 3.0 dan USB 2.0 di komputer. Namun, tidak disarankan Ryzer untuk dihubungkan ke USB Hub karena berimbas pada koneksi menjadi tidak lancar, begitu pula kualitas gambar Kiyo Pro yang jadi rendah.

Sebagai penyangga, bulatan lensa memiliki mounting yang disebut Flexible Mounting Option. Mounting dengan jenis yang bisa ditekuk ini bisa diposisikan pada bidang datar atau dijepit ke layar monitor. Bagian bawahnya juga terdapat lubang baut yang bisa dipasang pada tripod.

Sedikit kendala menurut kami adalah ketika dipasang pada layar laptop. Engsel laptop akan sedikit kesulitan menyangga webam karena bobotnya yang berat, sedangkan penjepit pada mounting juga terasa kurang “mengunci”. Anda mesti pintar-pintar mengatur posisi layar laptop.

Webcam ini mengandalkan konektor USB yang mendukung porta USB 2.0 dan USB 3.0, bedanya jika digunakan pada USB 3.0 kualitasnya akan lebih bagus.