Find Us On Social Media :

Review Western Digital My Passport SSD 1 TB: Cepat dan Ringkas

By Cakrawala, Senin, 21 Juni 2021 | 10:00 WIB

Western Digital My Passport SSD 1 TB.

Setelah berkesempatan menguji SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, kali ini InfoKomputer berkesempatan menguji Western Digital My Passport SSD 1 TB. Sama-sama berasal dari Western Digital yang populer dengan sebutan WD, kedua SSD portabel bersangkutan memiliki peruntukkan yang tidak sama. Baik SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 maupun Western Digital My Passport SSD, keduanya memang ditujukan untuk yang butuh media simpan portabel berkinerja tinggi dan “tahan banting”. Namun, SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 untuk yang butuh yang teratas. Pasalnya, SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 menawarkan kecepatan yang diklaim lebih tinggi dan merupakan perangkat IP55.

Dengan perbedaan peruntukkan tersebut, Western Digital My Passport SSD sewajarnya ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau dari SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2. Begitu pula dengan Western Digital My Passport SSD 1 TB yang InfoKomputer uji. Western Digital My Passport SSD 1 TB tersebut ditawarkan dengan harga yang secara signifikan (sekitar 42,7%) lebih terjangkau dari SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 1 TB. Apalagi bila dibandingkan SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB yang diuji sebelumnya.

Western Digital My Passport SSD 1 TB menggunakan porta USB 3.2 Gen 2 Type-C.

Western Digital My Passport SSD 1 TB menggunakan antarmuka USB 3.2 Gen 2 dan bukannya USB 3.2 Gen 2x2 seperti SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 1 TB maupun SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB. USB 3.2 Gen 2 menawarkan kecepatan transfer teoritis maksimal sekitar 1,21 GB/s, sedangkan USB 3.2 Gen 2x2 menawarkan kecepatan transfer teoritis maksimal sekitar 2,43 GB/s. Western Digital pun mengklaim My Passport SSD menawarkan kecepatan maksimal untuk pembacaan dan penulisan sekitar setengah saudaranya itu.

Sementara, meski bukan perangkat IP55, Western Digital My Passport SSD 1 TB tetap diklaim tidak mudah rusak meski jatuh dari jarak 2 m. Begitu pula dengan ketahanan terhadap guncangan dan getaran. Kedua hal bersangkutan memang lazim ditawarkan oleh media simpan SSD. Perangkat IP55 sendiri berarti perangkat itu sulit kemasukan debu dan bila masuk pun tidak akan mengganggu operasinya; serta tidak akan rusak bila terkena air, tetapi bukan berarti bisa direndam. Jadi, meski tidak mengusung IP55, Western Digital My Passport SSD 1 TB tidak berisiko rusak untuk berbagai penggunaan yang lazim.

Konektor yang disertakan pada paket Western Digital My Passport SSD 1 TB; Kabel USB Type-C ke USB Type-C serta adaptor USB Type C ke USB Standard-A.