Find Us On Social Media :

Apa saja Jenis-jenis Serangan Siber Masa Kini?

By Adam Rizal, Jumat, 18 Juni 2021 | 16:30 WIB

Ilustrasi kebocoran data akibat serangan hacker

Serangan siber tidak akan perakhir selagi ada perangkat komputasi yang terhubung ke Internet. Serangan siber terus meningkat terutama selama pandemi corona, menyusul banyak pengguna yang bekerja dan belajar dari rumah dengan memanfaatkan jaringan Internet.

Cisco Umbrella mencatat setidaknya terjadi peningkatan sebesar 40% serangan siber di tahun lalu.

Karena itu pengguna harus mengetahui berbagai jenis serangan siber yang umumnya menyerang dan meningkatkan keamanan siber-nya.

Keamanan siber adalah praktik untuk melindungi sistem, jaringan, dan program dari ancaman atau serangan digital.

Serangan-serangan ini biasanya ditujukan untuk mengakses, mengubah, atau menghancurkan informasi sensitif; memeras uang dari korban; atau mengganggu proses bisnis.

Ada beberapa tipe serangan siber yang hingga saat ini telah berhasil dideteksi dan dipelajari.

Berikut bentuk-bentuk serangan siber yang perlu kita waspadai:

1. Malware

Sejenis perangkat lunak (software) yang dirancang secara khusus untuk mendapatkan akses tidak sah (unauthorized access) atau menyebabkan kerusakan pada komputer.

Bentuk dari serangan ini sendiri merupakan perangkat lunak yang memiliki kadar bahaya tingkat tinggi karena di dalamnya terdapat virus.

Saat perangkat lunak itu sudah berhasil ke perangkat yang digunakan, Malware bisa dengan cepat merusak apa saja yang ada di dalamnya.

Dari merusak sistem hingga mencuri data penting, semua bisa dilakukan oleh Malware. Biasanya serangan berbahaya ini masuk ke perangkat saat mengunduh suatu file hingga di-install. Hal inilah yang membuat Malware merupakan salah satu bentuk cyber attack paling sangat berbahaya.