Find Us On Social Media :

Wow! Teknologi Xiaomi ini Mampu Mengecas Baterai HP Pakai Suara

By Adam Rizal, Rabu, 23 Juni 2021 | 14:30 WIB

Xiaomi

Xiaomi sedang mengajukan paten teknologi sound charging ke CNIPA (China National Intellectual Property Administration).

Dalam dokumen paten itu, teknologi sound charging akan menggunakan suara dan komponen lain untuk mengisi daya perangkat.

Tidak hanya baterai HP, paten itu juga melibatkan perangkat penyimpan energi dan elektronik.

Teknologi sound charging mencakup perangkat pengumpul suara, sejumlah perangkat konversi energi, dan daya yang mengubah getaran suara di lingkungan ke getaran mekanis.

Perangkat elektronik tersebut akan mengubah getaran mekanis menjadi arus bolak-balik (AC) dan diubah menjadi arus searah (DC) menggunakan perangkat konversi daya.

Sejauh ini, teknologi tersebut masih dalam tahap pengembangan. Realisasi secara massal (komersial) masih butuh uji coba yang panjang seperti dilansir Gizmo China.

Sebelumnya, Xiaomi memperkenalkan teknologi baru yakni HyperCharge 200W yang mendukung pengisian daya cepat hingga 200W.

8 Menit

Xiaomi memperkenalkan teknologi terbaru pengisian daya cepat atau fast charging yaitu hypercharger.

Hebatnya, teknologi diklaim mampu mengisi daya daya baterai hingga penuh hanya delapan menit walaupun masih menggunakan kabel.

Dalam videonya, Xiaomi menguji kemampuan hypercharger untuk ponsel dengan baterai berdaya 4.000mAh.

HP itu tampil dalam keadaan mati dengan status baterai nol persen. Kemudian, charger tersebut mengisi daya mencapai sepuluh persen hanya dalam 44 detik dan mencapai 50 persen dalam tiga detik.