Find Us On Social Media :

Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Sektor Pendidikan

By Liana Threestayanti, Kamis, 24 Juni 2021 | 17:15 WIB

Ilustrasi pendidikan

Peranan teknologi Artificial Intelligence (AI) kian nyata di berbagai sektor, tak terkecuali sektor pendidikan

Kehadiran teknologi AI telah mentransformasi kurikulum pendidikan, terutama di bidang teknologi, sains, matematika, dan teknik. Namun AI juga akan mengubah wajah dunia pendidikan secara keseluruhan.

AI di pasar pendidikan global diproyeksikan akan mencapai USD3,68 miliar, dengan CAGR 47%  sepanjang 2018 hingga 2023, menurut marketsandmarkets.com. Pertumbuhan yang signifikan ini seiring kian tingginya permintaan akan teknologi AI di sektor pendidikan.

Dari berbagai teknologi yang termasuk dalam AI, Natural Language Processing (NLP) akan tumbuh dengan CAGR tertinggi antara 2018 hingga 2023. Salah satu penyebabnya adalah NLP dibutuhkan untuk membantu "membaca" informasi dalam format digital dan untuk membantu memahami bahasa manusia berdasarkan berbagai dataset.

Kemudian dari sisi solusi dan layanan, marketsandmarkets.com memprediksi solusi virtual facilitator dan learning environment berbasis AI diproyeksikan memiliki pangsa pasar terbesar sampai dengan 2023. Solusi ini dikembangkan guna menjawab kebutuhan siswa untuk belajar secara independen dan belajar di rumah. Dan secara wilayah, kawasan Asia Pasifik memperlihatkan CAGR tertinggi dalam hal permintaan solusi dan layanan pendidikan berbasis AI hingga tahun 2023 nanti.

AI Memberdayakan Guru

Salah satu kekhawatiran yang muncul dengan kian maraknya contoh penerapan teknologi AI ini adalah tergantikannya peran manusia oleh robot dan mesin cerdas. Bisa dipastikan, kekhawatiran itu tidak akan terjadi di dunia pendidikan.

Pendidikan tidak hanya tentang memperoleh pengetahuan. Pendidikan adalah proses yang kompleks di mana kita tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang berbagai konsep tapi kita juga belajar menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan kecakapan sosial kita. Mesin tidak dapat mengajarkan empati, simpati, dan berbagai emosi lainnya yang merupakan bagian penting dalam pengembangan kepribadian kita. Artinya, secanggih apapun AI, seberapa banyak contoh pemanfaatan AI, teknologi ini tidak akan bisa menggantikan peran guru atau pendidik. Peran AI adalah sebatas membantu dan memberdayakan guru dalam membuat proses pembelajaran sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi siswa.

Apa saja contoh penerapan atau pemanfaatan Artificial Intelligence di sektor pendidikan?

Memantau dan menganalisis kemajuan siswa secara real time 

Guru tidak perlu menunggu hingga akhir semester atau akhir tahun untuk mengetahui seberapa jauh kemajuan siswa. Tool berbasis AI akan menyajikan rekomendasi area-area apa yang perlu diulang atau dijelaskan lebih lanjut. AI smart analytics, misalnya, dapat menunjukkan topik yang paling sulit dipahami oleh siswa.

Menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi