Find Us On Social Media :

Review Kingston NV1: Untuk yang Ingin Beralih dari HDD dan SSD SATA

By Dayu Akbar, Selasa, 29 Juni 2021 | 10:00 WIB

Kingston NV1.

Kingston meluncurkan media simpan SSD yang menyasar pengguna pemula melalui seri NV1. Kingston NV1 hadir dalam tiga pilihan kapasitas yaitu 500 GB, 1 TB, dan 2 TB. Unit yang kami uji kali ini memiliki kapasitas 1 TB.

Kingston NV1 merupakan SSD dengan form factor M.2. Secara spesifikasi, M.2 menawarkan beberapa opsi antarmuka, termasuk PCI Express yang memiliki kecepatan lebih unggul dibandingkan SATA. Bahkan secara teoritis, kecepatannya bisa mencapai berkali lipat SATA.

Kingston NV1 menempatkan cip dan komponen lainnya pada satu sisi yang tertutup stiker dan disarankan untuk tidak membuka stiker ini karena akan menghapus garansi yang berlaku.

Kingston NV1 ini menggunakan antarmuka physical PCI Express 3.0 x4 dan antarmuka logical NVMe. Antarmuka PCI Express 3.0 x4 secara teoritis menawarkan kecepatan sampai mendekati 4.000 MB/s. Sementara, Kingston mengeklaim NV1 memiliki kecepatan pembacaan sampai 2.100 MB/s dan kecepatan penulisan sampai 1.700 MB/s. Kecepatan itu memang sesuai dengan peruntukannya, yaitu bagi pengguna pemula yang butuh media simpan yang lebih kencang dibanding HDD dan SSD SATA.

Kingston NV1 hadir dengan form factor M.2 2280 yang artinya memiliki ukuran lebar 22 mm dan panjang 80 mm. Dimensi ini didukung hampir sebagian besar PC dektop ataupun laptop saat ini. Jadi sebelum membeli, pastikan komputernya sudah mendukung ukuran tersebut.

Kingston NV1 hadir dengan form factor M.2 2280 serta antarmuka PCI Express 3.0 x4 dan NVMe.