Find Us On Social Media :

Apa Itu Strategi Bullseye Marketing? Dan Bagaimana Cara Menerapkannya

By Rafki Fachrizal, Selasa, 29 Juni 2021 | 12:30 WIB

Ilustrasi Bullseye Marketing

Peningkatan penetrasi internet di Indonesia selama pandemi COVID-19 telah memungkinkan para pelaku bisnis untuk memiliki akses ke berbagai platform digital untuk mempromosikan produk mereka.

Meskipun semua platform digital saat ini memiliki penawaran yang menggiurkan, seringkali pelaku bisnis merasa kesulitan menentukan pilihan yang tepat dan akhirnya berinvestasi di semua platform digital tanpa hasil yang maksimal.

Salah satu strategi pemasaran terbaru yang cocok untuk berbagai macam bisnis saat ini adalah Bullseye Marketing.

Bullseye Marketing adalah strategi yang memungkinkan pelaku bisnis dalam menentukan saluran pemasaran terbaik dengan menawarkan pendekatan yang terfokus dan optimal.

“Berbeda dengan strategi pemasaran pada umumnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mempromosikan bisnis Anda secara efisien,” jelas Melina Marpaung, Senior Executive, Zilingo Indonesia.

“Bullseye marketing membantu pelaku bisnis dalam memahami proposisi nilai yang ditawarkan oleh beberapa saluran pemasaran. Dengan demikian, pelaku bisnis dapat menentukan pilihan terbaik dalam memasarkan produk mereka,” tambah Melina.

Memahami Kerangka Bullseye Marketing

Bullseye Marketing pertama kali diciptakan oleh Gabriel Weinberg, pendiri perusahaan startup bernama Duck Duck Go yang menyediakan layanan mesin pencari dan navigasi pribadi bagi penggunanya.

Bersama Justin Mares, Weinberg menulis buku berjudul Traction: A Startup Guide to Getting Customers yang membahas metodologi memfokuskan upaya pemasaran pada saluran yang paling tepat bagi bisnis.

Bullseye sendiri berarti titik fokus. Dalam bukunya, Weinberg dan Mares berpendapat bahwa kegagalan suatu bisnis dapat terjadi karena penggunaan saluran pemasaran yang salah.

Sesuai namanya, kerangka bullseye memprioritaskan pembingkaian media terbaik yang dapat digunakan untuk menghasilkan daya tarik nyata bagi bisnis dengan membaginya menjadi tiga lingkaran utama anak panah: lingkaran luar, lingkaran tengah, dan lingkaran inti.

Di lingkaran luar terdapat semua saluran yang berpotensi untuk digunakan dan ditandai dengan pertanyaan - what’s possible?; lingkaran tengah terisi dengan beberapa saluran yang paling masuk akal setelah memperhitungkan berbagai faktor dan ditandai dengan pertanyaan - what’s probable?; sedangkan lingkaran inti akan menjadi kumpulan saluran yang benar-benar bermanfaat bagi model bisnis Anda dan ditandai dengan pertanyaan - what’s working?

Bagaimana Menerapkan Kerangka Bullseye Marketing?

Simak panduan berikut yang berisi lima langkah mudah untuk menerapkan kerangka Bullseye Marketing untuk bisnis Anda: 

1. Brainstorming

Undang tim Anda untuk mendiskusikan saluran mana yang memungkinkan untuk model bisnis Anda. Tuliskan sebanyak mungkin manfaat, biaya, dan perkiraan dari saluran yang dipilih.

Misalnya, pemasaran digital di media sosial, atau membuka toko di marketplace dan aktif mengikuti promo yang ditawarkan.

Kumpulkan semua saluran di lingkaran luar anak panah untuk diidentifikasi pada tahap selanjutnya.

2. Ranking

Atur hasil brainstorming dengan mengelompokkan saluran yang dikumpulkan menjadi beberapa bagian: yang paling menjanjikan, yang bekerja dengan baik, dan yang bagus untuk jangka panjang.

Singkirkan beberapa saluran yang menurut Anda tidak sesuai dengan biaya dan target pembeli yang telah ditentukan, sehingga akhirnya Anda memiliki saluran dengan kemungkinan yang paling masuk akal untuk ditempatkan di lingkaran tengah.

3. Prioritaskan

Sekarang saatnya menyaring tiga saluran utama ke dalam lingkaran inti. Jika sudah ada tiga di lingkaran tengah, maka Anda bisa langsung melakukan tes.

Jika tidak, maka prioritaskan saluran yang paling menjanjikan. Jangan terjebak pada saluran yang hanya terlihat bagus di luar.

Tentukan mana yang memiliki kerugian paling sedikit dan hasil maksimum untuk dijalankan.

4. Pengujian

Tahap pengujian berarti aktif menjalankan bisnis dengan fokus pemasaran melalui saluran yang telah ditentukan.

Cari metode lain untuk memaksimalkan efektivitas saluran, seperti menggunakan Search Engine Optimization (SEO).

Tujuan pengujian adalah untuk membuktikan keakuratan asumsi saluran yang dipilih. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat menyimpulkan apakah perkiraan biaya dan manfaat sesuai dengan harapan.

5. Fokus

Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan mendapatkan hasil yang menjanjikan dari salah satu saluran yang dipilih.

Pastikan untuk mengidentifikasi kembali hasil pengujian dari setiap saluran sebelum menyebarkan semua materi promosi ke satu saluran yang dianggap paling menguntungkan.

Sangat penting untuk memantau dan bereksperimen secara teratur agar dapat memastikan optimalisasi dan efisiensi.

Kompetitor bisnis Anda mungkin menggunakan saluran yang sama untuk mencapai kesuksesan yang sama dan saluran itu mungkin akan kehilangan efisiensi seiring berjalannya waktu.

Melalui inovasi teknologi dan digitalisasi, saluran dan platform baru akan muncul di pasaran dan saluran lama mungkin tidak lagi memenuhi tujuan pemasaran Anda.

“Bersama Zilingo Marketing Service, pelaku bisnis dapat meningkatkan dan memperluas jangkauan melalui inisiatif brand awareness yang tepat, traffic, dan tingkat konversi yang tinggi, serta biaya pemasaran yang rendah,” tutur Melina. 

“Melalui layanan yang cepat, optimal, dan dengan kualitas global, Zilingo Marketing Service menawarkan solusi pemasaran & produksi konten yang lengkap untuk bisnis Anda,” tambah Melina.

Baca Juga: Tren Digital Marketing di Tahun 2021 yang Penting Diperhatikan Bisnis

Baca Juga: Ingin Menjadi Reseller Online Shop? Simak Dulu Enam Tips Penting Ini