Find Us On Social Media :

Cari Inovasi Pembayaran Digital, Indosat Gelar e-Wallet Challenge

By Rafki Fachrizal, Minggu, 25 Juli 2021 | 14:15 WIB

Ilustrasi Pembayaran Digital

Situasi pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia, telah banyak mengubah gaya hidup masyarakat yang dituntut untuk semakin digital.

Salah satu perubahan besar terjadi pada masifnya penggunaan e-wallet atau dompet elektronik sebagai alat pembayaran digital.

Beberapa riset juga menunjukkan bahwa meningkatnya tren belanja online di tengah kebijakan pemerintah untuk membatasi kegiatan sosial, dinilai berkontribusi pada meningkatnya penggunaan e-wallet. Saat ini, ada beberapa pilihan e-wallet yang populer digunakan masyarakat.

Namun, adakah fitur tertentu yang perlu disesuaikan untuk mengakomodir kebutuhan pengguna saat ini? Ya, tentunya ada.

Berangkat dari hal tersebut, perusahaan operator telekomunikasi Indosat Ooredoo menggelar program “e-Wallet User Research Challenge 2021” yang dibuka pada Sabtu, 24 Juli 2021.

Program ini merupakan program open innovation berbentuk kompetisi riset pengguna (user research) yang bertujuan memberdayakan talenta digital terbaik bangsa dalam menemukan ide dan solusi terbaik yang valid dan aplikatif untuk inovasi fitur e-wallet selanjutnya.

User research juga berperan untuk mencari solusi yang semakin memudahkan dan menyederhanakan proses yang ada untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, Indosat Ooredoo juga menyelenggarakan talkshow secara virtual bertemakan Kupas Tuntas Pembayaran Digital yang Pas: Mencari Solusi Menggunakan User Research, yang turut menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.

Diskusi dengan para ahli ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada generasi muda Indonesia terkait tren ekonomi digital saat ini serta kompetensi yang dibutuhkan.

Pembahasan ini juga relevan dengan tujuan pemerintah karena pembayaran digital menjadi satu dari lima pilar untuk meningkatkan ekonomi digital Indonesia.

Para narasumber akan berbagi informasi tentang pentingnya pembayaran digital dari perspektif akademis, komunitas, dan startup.

Selain itu, acara ini akan membahas juga solusi pembayaran digital di negara lain, tanggapan masyarakat atas pilihan yang ada saat ini, kebutuhan yang belum terpenuhi, serta bagaimana data dan riset pengguna dapat membantu memecahkan masalah atau pain points yang dialami masyarakat.

Peluncuran Program "e-Wallet User Research Challenge 2021" pada Sabtu, 24 Juli 2021