Find Us On Social Media :

Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Sektor E-commerce

By Rafki Fachrizal, Sabtu, 31 Juli 2021 | 09:45 WIB

Ilustrasi E-commerce

E-commerce merupakan salah satu sektor yang telah memanfaatkan teknologi AI/Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan untuk mendukung bisnisnya. Seperti apa contoh penerapan AI di sektor tersebut?

AI adalah sebuah sistem komputer yang dapat mengatur sebuah mesin, sehingga mesin tersebut dapat meniru cara berpikir manusia dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan dan akhirnya membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan praktis.

Di sektor e-commerce, banyak nama-nama besar perusahaan di sektor tersebut yang telah menggunakan AI.

Dengan memanfaatkan teknologi ini, pelanggan e-commerce menjadi lebih mudah memperoleh produk sesuai kebutuhannya dan di sisi lain perusahaan e-commerce dapat meningkatkan layanan yang memberi kepuasan lebih.

Saat ini, pengaplikasian AI di sektor e-commerce paling populer berada di tiga hal, yaitu chatbot, recommendation engines, dan smart logistics.

1. Chatbot

Chatbot Berfungsi untuk menanggapi pertanyaan pelanggan, menanggapi perintah suara untuk tugas-tugas sederhana, dan memberikan rekomendasi produk melalui interaksi menggunakan bahasa yang alami.

Salah satu e-commerce yang telah menerapkan teknologi chatbot di platformnya adalah Lazada. Menurut Lazada, teknologi ini dapat membantu tim customer services dalam melayani pelanggan Lazada yang jumlahnya terus bertumbuh.

Melalui chatBot, Lazada membuat AI yang mampu menjawab pola pertanyaan serupa atau berulang dari para pelanggannya, mulai dari informasi yang berkaitan dengan status pemesanan hingga pengembalian produk.

Lazada mengklaim bahwa chatbot yang mereka kembangkan memiliki tingkat interaksi dan keberhasilan diatas 80 persen.

Selain Lazada, e-commerce lain di Indonesia yang juga menggunakan chatbot di platformnya seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lainnya.

2. Recommendation Engines

Dengan recommendation engines, perusahaan e-commerce dapat menganalisis perilaku pelanggan di situs web/aplikasi mereka dan menggunakan algoritme untuk memprediksi produk apa yang mungkin menarik bagi pelanggan dan memberikan rekomendasi.