Find Us On Social Media :

Review vivo X60 Pro 5G: Smartphone Flagship dengan Lensa ZEISS

By Dayu Akbar, Rabu, 11 Agustus 2021 | 16:00 WIB

vivo X60 Pro 5G.

Sesuai penamaan serinya, vivo X60 Pro 5G hadir sebagai penerus dari vivo X50 Pro guna mengisi segmen flagship. Sebagai seri yang lebih baru, vivo menyematkan teknologi yang tidak ada di seri sebelumnya. Salah satu hal yang paling diunggulkan adalah kamera utamanya yang menggunakan teknologi dari ZEISS, produsen lensa optik terkemuka dunia. Dari sini “terlihat” bahwa vivo X60 Pro 5G menawarkan performa kamera yang lebih unggul dibanding seri sebelumnya.

Begitu pula dari 5G yang disematkan pada nama serinya. Sebagai seri terbaru, vivo X60 Pro 5G memberikan dukungan terhadap jaringan 5G yang sudah hadir di Indonesia. Namun, agar bisa memanfaatkan layanan 5G, ada beberapa pengaturan yang mesti dilakukan. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

Hadir dalam dua varian warna yaitu Midnight Black dan Shimmer Blue, unit yang kami uji memiliki pilihan warna kedua. Salah satu ciri khas vivo belakangan ini adalah kemonotonan dalam hal desain. Ini terlihat dari desain X60 Pro 5G yang tidak berbeda jauh dengan X50 Pro. Bahkan, desainnya juga terlihat mirip dengan seri vivo lainnya yaitu V21.

Dengan mengaktifkan fitur Extended RAM, sistem akan menambahkan memori utama yang berjumlah 12 GB sehingga menjadi 15 GB dengan mengambil kapasitas media simpan sebesar 3 GB.

Namun kami menyebutkan hal ini dalam artian yang positif. Karena desain vivo memang terlihat elegan, gaya, dan terasa aura premiumnya. Sepertinya vivo tidak ingin menyia-nyiakan desain yang sudah bagus pada lini smartphone-nya.

Punya dimensi tipis, bodinya agak licin. Namun, lapisannya belakang dibuat kesat sehingga tidak mudah kotor oleh jari. Tidak hanya pada bagian layar saja, bodi belakangnya pun sudah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 6.

Agar hasil foto maupun video makin enak dilihat, layar dengan ukuran 6,56 incinya menggunakan panel AMOLED. Bagian layarnya juga punya desain yang terlihat premium. Ini bisa dilihat pada pinggirannya yang mengusung desain curved atau melengkung. Sementara bodi belakangnya juga dibuat sedikit melengkung demi alasan ergonomis.

Kamera bagian belakangnya ada tiga dengan resolusi masing-masing 48 MP (utama), 13 MP (telefoto), dan 13 MP (ultralebar). Adapun kamera depannya punya resolusi 32 MP. Selain punya spesifikasi kamera mumpuni, aplikasi kameranya juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Ini memungkinkan Anda bisa mengekplorasi lebih jauh kemampuan kameranya guna mendapatkan hasil foto sekreatif mungkin. Anda akan menjumpai beberapa pilihan, mulai dari mode Pro, mode Supermoon untuk foto bulan, mode Astro untuk foto langit penuh bintang, sampai pilihan Long Exposure yang bisa mengambil gambar dengan memanfaatkan efek cahaya ataupun kondisi sekitar.

Meski dipersenjatai dengan spesifikasi kencang, vivo tetap mengertakan fitur Game Assistant untuk optimalisasi sistem saat bermain gim agar mendapatkan pengalaman yang lebih lancar.