Find Us On Social Media :

Intel Architecture Day 2021: Intel Core Berikutnya, Intel Alder Lake

By Cakrawala, Kamis, 26 Agustus 2021 | 10:00 WIB

Melalui Architecture Day 2021, Intel membagikan informasi mengenai arsitektur aneka produk yang akan hadir. Salah satunya adalah Intel Alder Lake.

Intel menyelenggarakan Architecture Day 2021 di dunia beberapa waktu lalu. Pada acara virtual tersebut Intel membagikan berbagai informasi mengenai arsitektur aneka produk yang akan dihadirkannya di pasar dunia dalam waktu yang tidak lama lagi. Salah satu produk yang dibagikan Intel informasinya adalah prosesor untuk consumer atau biasa disebut klien, yakni yang memiliki codename Alder Lake. Alder Lake adalah prosesor Intel generasi berikutnya untuk consumer. Prosesor Intel terkini untuk consumer, baik mobile maupun desktop, adalah Intel Core Generasi ke-11; tepatnya dengan codename Intel Tiger Lake untuk mobile dan Intel Rocket Lake untuk desktop. Dengan informasi resmi baru itu, gambaran mengenai Intel Alder Lake yang kemungkinan memiliki nama formal Intel Core Generasi ke-12, kini makin jelas.

“Untuk memenuhi permintaan 1.000x pada tahun 2025 ini, kami akan perlu untuk setidaknya mencapai peningkatan sesuai Hukum Moore [Moore's Law], 4x atau sejenisnya, pada masing-masing dari area teknologi ini; proses, packaging, memori, dan interkoneksi, dan arsitektur. Arsitektur adalah alkimia yang membawa mereka semua menjadi satu dengan peranti lunak, dan secara bersama mereka memberikan kami faktor pengali. Alhasil, semua peningkatan 4x tersebut bisa bergabung untuk memberikan kami 1.000x yang kami perlukan untuk beban kerja yang menuntut,” ujar Raja Koduri (Chief Architect, Intel) menegaskan pentingnya arsitektur dalam memenuhi permintaan konsumen untuk mengakselerasi beban kerja mereka sebesar seribu kali pada tahun 2025.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Intel Alder Lake menggunakan arsitektur CPU hibrida. Hibrida yang dimaksud di sini menyerupai Intel Core processors with Intel Hybrid Technology atau yang lebih dikenal dengan codename Intel Lakefield, yakni mengandung core CPU dengan dua arsitektur berbeda; seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini. Salah satu arsitektur adalah untuk kinerja dan arsitektur satunya lagi adalah untuk efisiensi. Pada Intel Core Generasi ke-11 dan generasi sebelumnya, arsitektur yang digunakan adalah satu. Model hibrida tersebut juga menyerupai yang lazim digunakan SoC untuk smartphone sejak beberapa lama.

Intel Alder Lake mengandung core CPU dengan arsitektur ber-codename Intel Golden Cove dan core CPU dengan arsitektur ber-codename Intel Gracemont. Intel Golden Cove adalah yang untuk kinerja, sedangkan Intel Gracemont adalah yang untuk efisiensi. Menemani Intel Golden Cove dan Intel Gracemont adalah Intel Thread Director. Intel Thread Director ini berfungsi untuk membantu sistem operasi menempatkan suatu beban kerja atau thread pada core yang paling optimal sesuai dengan kondisi saat itu.

“Anda akan mendengar mengenai salah satu pergeseran terbesar pada arsitektur x86 dalam kurun lebih dari satu dekade,” sebut Raja Koduri mengenai bergesernya Intel ke arsitektur hibrida seperti pada Intel Alder Lake.

Intel Golden Cove

Intel Golden Cove.

Setidaknya terdapat empat target yang ditetapkan Intel untuk Golden Cove. Pertama, tak hanya menghadirkan kinerja yang lebih baik, melainkan juga memberikan landasan sehubungan kinerja untuk prosesor Intel sampai dekade berikutnya. Kedua adalah memajukan arsitektur dengan menghadirkan fitur baru. Ketiga adalah meningkatkan akselerasi AI (artificial intelligence). Keempat adalah scalability dari mobile sampai data center.

Intel pun menegaskan bahwa Golden Cove berhasil mencapai target-targetnya itu. Tiga hal yang dikedepankan Intel yang membuat Golden Cove mencapai target-targetnya adalah lebih dalam, lebih lebar, dan lebih pintar.