Find Us On Social Media :

Kaspersky Bagikan Lima Tips Aman Menggunakan Jaringan Wi-Fi Publik

By Liana Threestayanti, Sabtu, 21 Agustus 2021 | 22:40 WIB

Ilustrasi Pengguna Wifi di Kantor

Wi-Fi publik praktis dan bermanfaat, tetapi sayangnya tidak selalu aman. Ini lima tips aman menggunakan Wi-Fi publik dari Kaspersky.

Akses internet gratis di ruang-ruang publik kini relatif mudah didapat. Hotspot selalu menjadi incaran pengguna internet saat mereka menghabiskan waktu lebih dari satu menit, misalnya di kafe dan gedung-gedung perkantoran. 

Namun ada risiko keamanan di balik dari kenyamanan itu. Menggunakan Wi-Fi publik berarti semakin besar potensi pengguna "bertemu" dengan para pelaku kejahatan siber. 

Baca juga: Inilah Enam Tips Cyber Security untuk Pribadi, Apa Sajakah?

Kenali Risiko Wi-Fi Publik

Sederhananya, jika terhubung ke Wi-Fi publik, Anda menghadapi kemungkinan pencurian data, seperti data finansial, kredensial login, dokumen, obrolan pribadi, dan sebagainya. Ketika itu terjadi, para penjahat ini mampu menguras tabungan dan membajak akun Anda.

Memiliki akses ke akun Anda, para penjahat ini juga dapat melakukan, misalnya, menyamar sebagai diri Anda, mendistribusikan spam, mengambil uang dari teman Anda, bahkan menemukan jalan untuk memeras Anda.

Ketika Anda terhubung ke jaringan yang tidak aman dari perangkat kerja, rahasia bisnis perusahaan juga berpotensi jatuh ke tangan yang salah. 

Dalam beberapa kasus, para pelaku kejahatan siber bahkan dapat secara diam-diam menginfeksi perangkat Anda dengan malware, yang masih akan tetap ada walaupun sambungan dari hotspot berbahaya tersebut telah terputus. 

Kaspersky membagikan tujuh rekomendasi ini agar Anda terlindung saat terhubung ke Wi-Fi publik.

1. Hindari penggunaan  jaringan Wi-Fi tanpa kata sandi untuk menangani informasi penting. 

Menggunakan Wi-Fi publik untuk membaca berita, tentu saja diperbolehkan, tetapi hindari untuk masuk ke layanan apa pun atau akun Anda berpotensi disusupi oleh pelaku kejahatan siber.